VW dan SEAT Spanyol bangun pabrik baterai akhir tahun ini

Jakarta (Mechanicity) – Produsen mobil Jerman Volkswagen (VW) menggandeng perusahaan otomotif Spanyol SEAT SA untuk membangun pabrik baterai mobil listrik berkapasitas 40 GWh per tahun, dengan konstruksi mulai akhir tahun ini.

VW menginvestasikan setidaknya 7 miliar euro (sekitar Rp 110,5 triliun) bersama dengan pemasok eksternal untuk rantai pasokan mobilitas listrik. Lokasi pabrik sudah ditentukan, yakni di Valencia.

Baca juga: Pabrikan Mobil Ini Masih Beroperasi di Rusia

Baca juga: Kemunculan Volkswagen ID-Buzz, Penerus VW Combi

“Proyek ini sangat penting untuk Volkswagen, untuk Spanyol dan untuk seluruh Eropa. Ini adalah ambisi kami untuk mengalahkan Spanyol dan kami bersedia untuk menginvestasikan lebih dari tujuh miliar euro bersama dengan pemasok eksternal untuk elektrifikasi Martorell dan Pamplona kami. pabrik dan lokalisasi rantai nilai baterai di Valencia,” kata Thomas Schmall, anggota dewan manajemen Volkswagen AG, dalam sebuah pernyataan.

Gigafactory Valencia akan menjadi lokasi kedua Volkswagen setelah Salzgitter dan yang pertama di luar Jerman. “Di Valencia, kami berencana untuk membangun tidak kurang dari generasi berikutnya dari produksi sel: Sebuah pabrik standar, memproduksi sel-sel terintegrasi mutakhir Volkswagen dan disuplai dengan energi terbarukan, memungkinkan produksi baterai yang berkelanjutan,” kata Schmall.

Proses seleksi sangat ketat dan Valencia muncul sebagai lokasi terkuat berdasarkan lebih dari 100 kriteria seperti tenaga kerja yang berkualitas, dukungan publik, koneksi logistik yang baik, dan energi hijau.

Volkswagen bertujuan untuk menciptakan kapasitas produksi 40 GWh per tahun dan berencana untuk mempekerjakan lebih dari 3.000 orang di Valencia. Dengan jadwal yang padat, pabrik akan mulai berproduksi pada 2026, dan pembangunan pabrik akan dimulai pada akhir tahun ini.

Secara total, Volkswagen berencana untuk membangun enam unit gigafactories di Eropa dengan kapasitas tahunan 240 GWh bersama dengan mitra. Permintaan grup untuk sel premium akan dipenuhi oleh Northvolt di Skellefte, Swedia.

Baca juga: Pabrik GM dan VW di Shanghai Tak Terkena “lockdown” COVID-19

Baca juga: Volkswagen Tunda Peluncuran ID.5 Karena Kekurangan Kabel

Baca juga: Volkswagen Buka Bisnis di China, Amankan Pasokan Bahan Baku Baterai

reporter:
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
Hak Cipta © Mechanicity 2022