Volta Trucks perkenalkan dua model truk untuk pasar perkotaan

Jakarta (Mechanicity) – Startup kendaraan listrik komersial Volta Trucks meluncurkan dua model truk nol-emisi dengan ukuran lebih kecil yang akan mulai diproduksi pada tahun 2025, membuka lebih banyak opsi untuk pengiriman perkotaan.

Dikutip Reuters, Rabu, Volta Trucks yang berbasis di Stockholm, yang juga beroperasi di Inggris, mengatakan akan meluncurkan armada kendaraan uji truk 7,5 ton dan 12 ton untuk pelanggan pada tahun 2024.

Model-model baru akan bergabung dengan perusahaan rintisan Volta Zero, dengan truk listrik 16 ton yang akan memulai produksi seri akhir tahun ini dan model 18 ton yang akan mulai diproduksi pada tahun 2023.

Pada bulan Februari, Volta Trucks mengatakan telah mengumpulkan 230 juta euro (247 juta dollar AS) untuk mendanai peluncuran produksi seri Volta Zero pada akhir 2022.

Beberapa negara Uni Eropa memiliki larangan truk lebih dari 7,5 ton yang beroperasi pada hari Minggu atau hari libur, dan kota-kota seperti Amsterdam tidak mengizinkan truk lebih berat untuk melindungi jalan-jalan tua dan jembatan.

Sementara beberapa kota Eropa juga merencanakan pembatasan kendaraan komersial diesel, Paris akan melarangnya pada 2024, dan sejumlah produsen sedang menguji prototipe, hampir tidak ada truk listrik di segmen berat yang tersedia saat ini.

Model 7,5 ton dan 12 ton Volta Trucks akan menjadi yang pertama dipasarkan.

“Pelanggan kami memberi tahu kami bahwa mereka sangat menghargai atribut keselamatan dan nol-emisi dari Volta Zero 16-ton, tetapi juga membutuhkan kendaraan yang lebih kecil 7,5 dan 12 ton dalam operasi mereka,” kata Chief Executive Volta Trucks Essa Al-Saleh dalam sebuah pernyataan.

Startup tersebut saat ini memiliki pesanan untuk sekitar 6.000 truk listrik, termasuk 1.500 yang dipesan oleh unit logistik Deutsche Bahn, Schenker.

Volta Trucks berencana membuat 5.000 truk pada tahun 2023 dan produksi tahunannya akan meningkat menjadi 27.000 unit pada tahun 2025.

Baca juga: Volta Trucks kumpulkan 230 juta euro danai perilisan kendaraan listrik

Baca juga: Truk listrik RAM menuju ruang pamer tahun ini

Baca juga: KTB Fuso akan bermitra dengan operator logistik kenalkan e-Canter

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © Mechanicity 2022