UBL pajang motor listrik BL-SEV01 di pameran UKM Mandalika 2022

Jakarta (Mechanicity) – Universitas Budi Luhur (UBL) memamerkan sepeda motor listrik BL-SEV01 pada pameran UKM MotoGP Mandalika 2022 pada 18-20 Maret lalu.

“Tentu kami sangat bangga bisa menjadi bagian dari ajang MotoGP Internasional. Karya kami di bidang pengembangan kendaraan listrik dapat diakui ribuan pengunjung baik dalam maupun luar negeri yang hadir di Mandalika,” terang dosen Elektro Teknik di Universitas Budi Luhur,” kata Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik UBL, Sujono.ST dalam keterangan resminya, Kamis.

Sebelumnya, ada rangkaian kualifikasi untuk mengikuti pameran UKM MotoGP Mandalika yang berlangsung pada 5 Maret lalu yang diikuti oleh peserta UKM seluruh Indonesia.

Dari seluruh peserta tersebut akan diseleksi untuk mengikuti pameran UKM Goes To Mandalika yang bertepatan dengan ajang MotoGP Seri 2 Internasional 2022.

Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur dengan motor listrik BL-SEV01 akhirnya terpilih menjadi peserta pameran di Pertamina Grand Prix Indonesia Series-2 MotoGP 2022.

Dengan mengikuti kegiatan ini tentunya memberikan banyak manfaat bagi para peserta khususnya untuk sepeda motor listrik besutan UBL yang semakin dikenal masyarakat luas.

Dalam hal ini, Sujono mengatakan banyak hal positif yang kami dapatkan dari kegiatan tersebut, diantaranya adalah berkembangnya networking dari sesama penggiat UKM.

“Ulasan dan masukan dari pengunjung tentunya kami jadikan acuan dalam mengembangkan produk kami di bidang kendaraan listrik khususnya sepeda motor listrik,” kata Sujono.

“Selain itu, pameran di ajang internasional ini menjadi penyemangat bagi mahasiswa dan dosen khususnya Teknik Elektro Universitas Budi Luhur untuk menciptakan karya-karya yang lebih baik lagi yang dapat diterima masyarakat,” tambah Sujono.

Pada pameran kali ini, booth Pusat Studi Kendaraan Bermotor Listrik Universitas Budi Luhur menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Sepeda motor listrik BL-SEV01 ini dikunjungi Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Teten Masduki mengapresiasi motor listrik karya anak bangsa yang dikerjakan langsung oleh mahasiswa dan dosen. “Universitas Budi Luhur merupakan satu-satunya universitas yang mengikuti pameran bergengsi ini dan konsisten dalam pengembangan kendaraan listrik,” jelas Sujono.

Dalam hal ini, Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, MBA mengatakan dengan mengikuti pameran UKM MotoGP Mandalika merupakan peluang emas bagi sepeda motor listrik UBL untuk dikenal lebih banyak orang. orang-orang.

“Motor Listrik BL-SEV01 UBL sudah bisa dikenali puluhan ribu penonton MotoGP. Selain itu, konsistensi Pusat Studi Kendaraan Bermotor Listrik UBL dalam membuat kendaraan listrik mulai terlihat oleh masyarakat dan pemerintah. Semoga kita bisa menjaga konsistensi dalam membuat kendaraan listrik dengan kualitas terbaik dan keren,” ujar Kasih Hanggoro.

Sebagai informasi tambahan, spesifikasi BL-SEV01 didukung oleh motor listrik BLDC 96 Volt dengan daya hingga 16 kW PEAK, didukung oleh baterai 48Ah dan pengontrol 96 Volt 200 Ampere.

Alhasil, motor ini mampu menempuh jarak hingga 140 kilometer untuk sekali pengisian baterai, dengan waktu pengisian 4 jam. Saat touring Jakarta – Mandalika, motor listrik BL-SEV01 Jakarta – Mandalika ini mengusung 3 set baterai yang masing-masing mampu menempuh jarak 100 – 140 km sekali jalan.

Sehingga ketika baterai habis, tim BL-SEV01 langsung mengganti baterai dengan sistem swab. Perjalanan rata-rata adalah 300 kilometer.

Baca juga: UBL Gelar Sunmori Menggunakan Dua Motor Listrik Karya Mahasiswa

Baca juga: Menhub Dukung Produksi Motor Listrik Anak Bangsa

Baca juga: UBL Sukses Uji Coba BL-SEV01 ke Mandalika

reporter:
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
Hak Cipta © Mechanicity 2022