Toyota terapkan standar emisi Euro 4 April ini

Jakarta (Mechanicity) – PT Toyota Astra Motor (TAM) terus menunjukkan komitmennya dalam menanggulangi pencemaran udara di Indonesia yang dihasilkan oleh mesin kendaraan bermotor.

Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmy Suwandy mengungkapkan enam produk yang dipasarkan di Indonesia menggunakan mesin diesel semuanya telah memenuhi standar emisi Euro 4 pada April ini.

“Toyota sangat mengapresiasi kebijakan ini untuk menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan sehat. Dengan diterapkannya standar emisi Euro 4, emisi yang dihasilkan semua model kendaraan Toyota sudah sesuai dengan regulasi lingkungan yang diterapkan pemerintah Indonesia,” ujar Anton Jimmi. Suwandy secara virtual, Jumat.

Baca juga: Pertamina Akan Sediakan BBM Standar Euro IV Mulai Agustus

Model kendaraan yang menggunakan mesin diesel dari Toyota meliputi tiga model kendaraan penumpang yaitu Fortuner, Kijang Innova, dan Land Cruiser, sedangkan tiga model lainnya merupakan kendaraan niaga yaitu Hilux, Hiace dan Dyna.

Hal ini dalam rangka mengikuti kebijakan yang dikeluarkan pemerintah melalui Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. S786/MENLHK-PPKL/SET/PKL.3/5/2020, dimana per April 2022 semua kendaraan berbahan bakar solar. yang diproduksi dan beredar di Indonesia wajib memenuhi standar emisi Euro 4.

Standar emisi Euro adalah standar yang digunakan oleh negara-negara Eropa untuk kualitas udara di negara-negara Eropa. Semakin tinggi standar Euro yang ditetapkan, semakin rendah batas kandungan gas karbon dioksida, nitrogen oksida, karbon monoksida, hidrokarbon volatil, dan partikel lain yang berdampak negatif bagi manusia dan lingkungan.

Untuk Euro 4, kandungan nitrogen oksida dalam kendaraan berbahan bakar bensin tidak boleh melebihi 80 miligram per kilometer. Sedangkan untuk kendaraan diesel, batasan nitrogen oksida adalah 250 miligram per kilometer dan 25 miligram per kilometer untuk solar. partikel.

Sebelumnya, PT TAM telah memperkenalkan kendaraan konsep Kijang Innova Electric di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 yang berlangsung dari 31 Maret hingga 10 April 2022.

Baca Juga: Lebih Irit BBM, Isuzu Yakin Penjualan Akan Naik Berkat Euro 4

Baca juga: Isuzu membekali mekanik dengan pengetahuan teknis mesin “common-rail” Euro 4

Baca juga: UD Trucks mengkonfirmasi kepatuhan dengan standar Euro4 pada April 2022

reporter:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Hak Cipta © Mechanicity 2022