Toyota, Honda, atasi masalah suku cadang pada produksi global Februari

Jakarta (Mechanicity) – Produsen otomotif Jepang Toyota dan Honda berhasil mengatasi masalah kelangkaan suku cadang produksi global pada Februari lalu.

Bahkan, gangguan pasokan suku cadang terus mempengaruhi produksi global produsen mobil Jepang tersebut pada bulan tersebut.

Baca juga: Toshiba Prediksi Suplai Chip Rendah Hingga 2022

Toyota Motor mengatakan grupnya, yang meliputi Daihatsu dan Hino Motors, memproduksi 884.528 kendaraan secara global untuk bulan tersebut, meningkat hampir 11 persen dari bulan yang sama tahun lalu.

Ini juga menghasilkan rekor jumlah kendaraan untuk Februari di pasar di luar Jepang meskipun ada kekurangan suku cadang yang dipicu oleh wabah COVID-19.

Toyota sendiri mencapai puncak rencana target produksi global Februari yang dirilis sebulan sebelumnya dengan hampir 41.000 kendaraan.

Namun, tingkat produksi tetap di bawah periode tahun lalu karena kekurangan suku cadang yang disebabkan oleh COVID-19 di Amerika Utara dan pasokan suku cadang yang ketat di Eropa menyusul meningkatnya permintaan.

Baca juga: Pasokan Toyota Akan Susah Akibat Virus Corona

Untuk menangani pasokan semikonduktor China yang ketat, pembuat mobil mengatakan telah menggunakan keping yang menciptakan surplus dari penutupan pabrik pada bulan Januari untuk mengurangi hal ini.

Demikian pula, Honda Motor mengatakan produksi global Februari naik 8,1 persen dengan 344.712 kendaraan. Meskipun kekurangan semikonduktor dan pandemi COVID-19 mengganggu rantai pasokan dan menurunkan tingkat produksi dibandingkan Februari tahun lalu di Amerika Utara, masalahnya tidak separah di Asia, di mana tingkat produksi meningkat dibandingkan waktu yang sama tahun lalu.

Sebaliknya, Nissan Motor Co. mengatakan produksi globalnya untuk Februari turun 7,8 persen tahun-ke-tahun menjadi 275.437 unit karena kekurangan semikonduktor.

Produksi global Februari Subaru Corp turun 23,6 persen dibandingkan periode yang sama di 47.625 unit. Perusahaan mengatakan telah menyesuaikan dan menangguhkan operasi karena ketatnya pasokan suku cadang yang menggunakan semikonduktor.

Baca juga: Corona Menghambat Pasokan Komponen Otomotif General Motors AS

Baca juga: Corona Tak Pengaruhi Produksi dan Pasokan Mobil Honda di Indonesia

Baca juga: Ferrari melihat tidak ada dampak pada rantai pasokan dari krisis Ukraina

reporter:
Redaktur: Ida Nurcahyani
Hak Cipta © Mechanicity 2022