Toyota Gazoo kenalkan GR Corolla bermesin turbo tiga silinder

Jakarta (Mechanicity) – Toyota Gazoo Racing (TGR) memperkenalkan GR Corolla yang mengusung mesin 1.600cc tiga silinder turbo, di California, AS, Kamis (31/3) waktu setempat.

Toyota mengatakan mobil ikonik itu juga akan dipasarkan di Jepang pada paruh kedua 2022.

Baca juga: Bagaimana Jakarta All New Corolla Rayakan Ulang Tahun Kedua

“Menghadirkan kembali Corolla yang telah memikat hati pelanggan kami,” kata Presiden Toyota Akio Toyoda, dalam siaran pers Toyota Global, Jumat.

GR Corolla menggunakan mesin turbo intercooler tiga silinder 1600cc yang lebih bertenaga dari mesin GR Yaris. Versi sport dari mesin Corolla mampu melepas keluaran maksimum 224 kW (304 PS)/6.500rpm, sedangkan GR Yaris adalah 200 (272) 6.500rpm.

Toyota Gazoo Perkenalkan GR Corolla (Mechanicity/HO Toyota Global)

GR Corolla mengadopsi sistem GR-FOUR 4WD yang juga terdapat pada GR Yaris. Sistem GR-FOUR 4WD menggunakan kopling multi-pelat elektronik untuk menyediakan berbagai kekuatan penggerak depan dan belakang.

Namun, 4WD dalam mode “Drive” GR Corolla mampu mengontrol respons akselerator, kemudi, dan lainnya secara terpisah sehingga pengemudi dapat memilih preferensi sesuai dengan gaya berkendara atau kondisi jalan.

Stabilitas GR Corolla juga dioptimalkan dengan penggunaan bantalan bola bantal, peredam kejut dan per dioptimalkan juga keselarasan roda kompatibel dengan transmisi GR-FOUR. Dapat memberikan performa tinggi saat mobil menikung.

Untuk bodi, GR Corolla menggunakan basis Toyota Corolla Sport namun dengan pelebaran roda depan sejauh 60 mm dan belakang 85 mm. Meski demikian, mobil tersebut tetap bisa mengangkut lima penumpang sehingga bisa digunakan sebagai moda mobilitas sehari-hari.

Toyota belum mengumumkan harga untuk GR Corolla versi Amerika.

Baca Juga: Toyota Segarkan Dua Varian New Corolla Altis

Baca juga: Penjualan Mobil Electric-hybrid 2021, Kona dan Corolla Cross Terlaris

Baca juga: Toyota Bikin Serial Manga Rayakan 50 Juta Produksi Corolla

reporter:
Redaktur: Ida Nurcahyani
Hak Cipta © Mechanicity 2022