Toyota bZ4X akan jadi mobil resmi delegasi KTT G20

Jakarta (Mechanicity) – Toyota Indonesia dikabarkan tengah mempersiapkan mobil listrik terbarunya, Toyota bZ4X, sebagai kendaraan dinas delegasi KTT G20 di Bali pada Oktober-November 2022.

Toyota bZ4X manifold kendaraan utilitas olahraga (SUV) akan tersedia sebanyak 143 unit untuk menjadi alat mobilitas delegasi G20 selama berada di Bali. Total ada 656 mobil listrik, termasuk 123 unit Genesis G80 dan 226 unit Hyundai Ioniq.

Sebelumnya, pada Jumat (25/3), Presiden Joko Widodo meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Ultra (SPKLU). Pengisian Cepat di Nusa Dua, Badung, Bali. SPKLU dihadirkan PLN sebagai fasilitas pendukung KTT G20 yang puncaknya pada November lalu.

“Kepresidenan G20 merupakan kesempatan yang sangat baik bagi kita untuk menunjukkan berbagai komitmen kita dalam pengurangan emisi CO2 melalui penggunaan mobil listrik selama KTT G20,” kata Presiden saat menyampaikan pidato pengukuhan SPKLU yang dipantau secara virtual dari Jakarta.

Toyota Indonesia belum memberikan pernyataan resmi mengenai Toyota bZ4X, namun berdasarkan informasi di situs resmi Toyota Global disebutkan bahwa “bZ4X dijadwalkan akan diluncurkan di semua wilayah mulai pertengahan 2022.”

sayaBaca juga: Display Mobil Baterai Toyota bZ4X, Siap Dijual Tahun Depan

sayaBaca juga: bZ4X, SUV listrik baterai kolaborasi Toyota-Subaru

Dengan demikian, bukan tidak mungkin Toyota akan merilis mobil tersebut di Indonesia tahun ini atau tahun depan.

Toyota bZ4X

Toyota bZ4X (Mechanicity / HO Toyota Global)

Pada pameran mobil Shanghai di Cina tahun lalu, Toyota meluncurkan versi konsep Toyota bZ4X, model pertama dalam seri bZ yang dikembangkan bersama Subaru.

Dalam menetapkan jajaran lengkap kendaraan listrik, Toyota akan memperkenalkan 15 BEV, termasuk tujuh model baru Toyota bZ BEV pada tahun 2025.

“bZ” adalah singkatan dari “Melampaui Nol“, dan menggabungkan keinginan untuk memberikan nilai yang melampaui “nol emisi” kepada pelanggan.

Model seri Toyota bZ akan dibangun di atas platform khusus BEV baru dengan fitur yang menawarkan kepraktisan dan mendorong penggunaan energi terbarukan.

Toyota bZ4X kemungkinan akan tersedia dalam dua pilihan penggerak, yakni penggerak depan dan penggerak semua roda dengan dua motor listrik. Jarak tempuh yang ditawarkan Toyota bZ4X mencapai 500 km untuk sekali pengisian daya.

Reuters melaporkan bahwa Toyota bZ4X akan dijual di Jepang, Amerika Utara, China, dan Eropa mulai tahun 2022.

Toyota mengatakan akan menginvestasikan $ 13,5 miliar hingga 2030 dalam pengembangan baterai EV dan memperkenalkan tujuh model seri bZ pada tahun 2025.

Baca juga: Aurora dan Toyota Mulai Uji Autonomous Sienna di Texas

Baca juga: Toyota hentikan 18 lini perakitan di 11 pabrik yang terdampak gempa Jepang

Baca juga: Krisis chip memaksa pemotongan produksi lebih lanjut di Toyota

reporter:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Hak Cipta © Mechanicity 2022