Suzuki investasikan 1,4 Miliar dolar AS untuk urusan kendaraan listrik

Jakarta (Mechanicity) – Suzuki menginvestasikan US$1,37 miliar pada pabriknya yang berlokasi di India, yang nantinya akan membangun kendaraan listrik.

“Misi masa depan Suzuki adalah mencapai netralitas karbon dengan mobil kecil. Kami akan terus aktif berinvestasi di India untuk menciptakan India yang mandiri,” kata Toshihiro Suzuki, Direktur dan Presiden Suzuki Motor Corporation.

Sejauh ini, Tata Motors adalah penjual EV terbesar di India, dengan pangsa pasar 70 persen. Saat ini, produsen mobil India hanya memiliki dua kendaraan listrik yang ditawarkan ke publik yaitu Tigor EV dan Nexon EV.

Baca juga: Pabrik Suzuki Hungaria Tangguhkan Ekspor Mobil ke Rusia dan Ukraina

Namun Suzuki yakin, sebanyak 25 persen penjualan India akan datang dari kendaraan listrik yang akan tiba pada 2026.

Meskipun menjadi produsen mobil India terbesar berdasarkan pangsa pasar, Maruti Suzuki adalah perusahaan patungan India yang mayoritas dimiliki oleh Suzuki Jepang dan mereka belum memiliki produk EV dalam portofolio mereka.

Menurut ETAuto.com, ada rencana untuk memperkenalkan versi listrik dari city car Wagon R tahun lalu, tetapi ide itu dibatalkan, dengan kurangnya infrastruktur pengisian daya.

Tetapi karena negara itu bertujuan untuk menjauh dari ketergantungan minyak sambil mengurangi tingkat polusi di kota-kota besar, investasi tersebut dilihat tidak hanya sebagai komitmen untuk masa depan listrik tetapi juga langkah penting menuju tujuan India.

Perusahaan mengatakan bahwa Suzuki Motor Gujarat akan menginvestasikan 31 miliar rupee India untuk meningkatkan kapasitas produksi BEV pada tahun 2025. 73 miliar rupee India nantinya akan dihabiskan untuk pembangunan pabrik baterai.

MOU ditandatangani di hadapan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Perdana Menteri India Narendra Modi, dengan investasi Suzuki menjadi bagian dari investasi yang lebih luas sebesar USD 42 miliar di India dari Jepang.

Baca juga: Suzuki dan SkyDrive Gandeng Mobil Listrik Bisa Terbang

Baca juga: Suzuki Italia Bantu Ukraina Lewat Unicef

Baca juga: Suzuki berinvestasi di India untuk meningkatkan produksi EV

reporter:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Hak Cipta © Mechanicity 2022