Sejumlah pabrikan tarik 54 ribu kendaraan karena cacat suku cadang

Jakarta (Mechanicity) – Ford Sales & Services Korea, Hyundai Motor Co, dan sejumlah produsen mobil lainnya akan melakukan recall terhadap 54.390 unit kendaraan karena ada suku cadang yang cacat, kata Kementerian Perhubungan Korea Selatan.

Ford akan menarik 19.733 SUV Explorers karena sambungan kaki belakang yang rusak pada roda belakang yang dapat menyebabkan masalah keselamatan saat mengemudi, menurut Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi negara itu, seperti dikutip Yonhap, Kamis.

Sementara itu, Hyundai akan menarik kembali 17.682 unit Nexo berbahan bakar hidrogen karena kerusakan sensor yang menyebabkan kegagalan mengoperasikan lampu peringatan jika terjadi kebocoran gas hidrogen.

Sebanyak 15.323 unit Honda Motor Co Hybrid Accord. dan empat model lainnya akan ditarik karena desain sakelar jendela yang salah, yang gagal memenuhi persyaratan keselamatan, menurut kementerian.

Tesla Korea akan menarik kembali 1.290 unit Model S, karena kesalahan perangkat lunak dalam sistem kontrolnya yang menyalakan lampu cadangan saat mengemudi yang menyebabkan masalah keamanan.

Kementerian mengatakan pihaknya berencana untuk mengenakan denda pada Honda dan Tesla setelah meninjau tindakan korektif mereka dan faktor lainnya.

Jaguar-Land Rover Korea akan menarik 159 Discovery SD4, karena kesalahan penyetelan selang bahan bakar tekanan rendah dan kerusakan substansialnya dapat menyebabkan kebocoran bahan bakar dan kebakaran.

Sebanyak 123 dari BMW K 1600 GT dan dua model lainnya, serta 80 mobil Volkswagen Golf 8 2.0 GTI, juga akan ditarik karena bagian yang rusak dan masalah keamanan, menurut kementerian.

Perusahaan akan menghubungi pemilik kendaraan melalui surat atau pesan teks seluler, dan memberikan layanan perbaikan dan penggantian gratis.

Baca juga: BMW akan menarik lebih dari 1 juta kendaraan karena risiko kebakaran mesin

Baca juga: Empat perusahaan menarik hampir 50 ribu kendaraan karena komponen yang rusak

Baca juga: BMW ‘menarik kembali’ empat model kendaraan karena masalah transmisi

reporter:
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
Hak Cipta © Mechanicity 2022