Sandiaga apresiasi Gerakan Bersama Komunitas sukseskan MotoGP

Jakarta (Mechanicity) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi misi Gerakan Bersama Masyarakat (GeBer) dalam rangka menyukseskan event MotoGP Mandalika dan memberdayakan kebangkitan ekonomi ketenagakerjaan di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Perjalanan para bikers di GeBer Komunitas yang akan berlangsung pada 15-25 Maret 2022 ini merupakan bagian dari rangkaian program Mandalika Wonderful Ride.

“Saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan Wonderful Ride dalam membersihkan tribun dan area Sirkuit Mandalika untuk menyukseskan event MotoGP,” kata Sandiaga dalam siaran persnya, Senin.

Dikatakannya, program tersebut bisa berupa kebangkitan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan program yang tepat waktu, bermanfaat dan tepat sasaran.

“Terima kasih kepada masyarakat yang telah membantu,” ujarnya.

GeBer Komunitas menuntaskan misinya, mulai dari touring tour eksplorasi, ikut menjaga kebersihan sirkuit Mandalika, edukasi tentang helm, hingga meningkatkan perekonomian masyarakat melalui peran digital dan pembelajaran kearifan budaya lokal.

Menyeberangi penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi menuju Lembar di Lombok merupakan pengalaman pertama rombongan disambut oleh komunitas sepeda motor setempat.

Program selanjutnya dari Mandalika Wonderful Ride yang didukung oleh Mitsubishi Motors Indonesia, Astra Honda Motor, Federal Oil, Antangin, BPJS Ketenagakerjaan, Rolling Speed, CIMB NIaga, IIMS 2022, Learning Helmet, LA 32 Riders, Bikers Sweeping Clean, SSFC Indonesia dan MNC Trijaya adalah kesuksesan gelar juara MotoGP.

Tim Clean Sweep Bikers bergerak ke Sirkuit Mandalika untuk memulai aksi membersihkan sampah di area tribun dan toilet.

Selama dua hari MotoGP Mandalika, mereka memungut sampah di Zona J dan Zona Biru (Umum), termasuk kebersihan toilet.

Denny Wajonk, perwakilan Indoclub selaku ketua grup mengatakan, gerakan tersebut dilakukan karena tingginya antusiasme penonton yang hadir di Sirkuit Mandalika untuk melihat event MotoGP yang baru saja kembali ke Indonesia setelah 25 tahun.

Ia mengatakan, pihaknya hanya memberikan inspirasi dan mengajak penonton untuk tetap menjaga kebersihan sirkuit Mandalika sebagai salah satu aset berharga bagi dunia motorsport dan pariwisata Indonesia.

Apalagi, kawasan Mandalika menjadi destinasi super prioritas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Untuk itu kita harus bisa menjaga sirkuit ini agar tetap terjaga dan nyaman untuk dikunjungi, terutama tribun dan kebersihan toiletnya,” kata Denny.

Kegiatan lain yang digelar adalah diskusi dengan komunitas sepeda motor setempat tentang pentingnya helm dari berbagai aspek, seperti tips memilih hingga cara merawatnya.

Acara yang berlangsung di Desa Wisata Tete Batu ini juga mempelajari warisan budaya desa yang terpilih untuk mewakili kompetisi desa internasional pada tahun 2021.

Desa Tete Batu memiliki spot andalan mulai dari pesona air terjun, area camping, dan trek sepeda downhill.

Berkaitan dengan kebangkitan ekonomi ketenagakerjaan, program terakhir Mandalika Wonderful Ride adalah diskusi dengan tema “Peran Jejak Digital dalam Mengangkat Peluang Usaha untuk Kebangkitan Ekonomi, Lapangan Kerja”.

Acara yang digelar di Desa Wisata Masbagik Lombok Timur yang merupakan sentra kerajinan gerabah ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk lebih merevitalisasi produk gerabah sekaligus memanfaatkan teknologi digital.

Acara lain untuk explore destinasi wisata di Lombok Tengah adalah mengunjungi Pantai Selong Belanak dan bertemu dengan komunitas Electric Expeditions.

Baca juga: Sandiaga: Keberhasilan vaksinasi adalah kunci tatanan ekonomi baru

Baca juga: Kemenparekraf Gandeng IMI Kembangkan Industri Pariwisata Otomotif

Baca juga: Menparekraf Apresiasi Inovasi Bengkel Restorasi Tuxedo Studio Bali

reporter:
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
Hak Cipta © Mechanicity 2022