Rawat AC mobil bisa jadi pilihan isi waktu ngabuburit

Jakarta (Mechanicity) – Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu ngabuburit sebelum berbuka puasa adalah dengan merawat AC kendaraan.

AC merupakan salah satu komponen mobil yang perlu dirawat secara rutin untuk menjaga kenyamanan kendaraan.

Baca juga: Delapan Alasan AC Mobil Tidak Dingin Lagi

Mengingat pentingnya fungsi AC mobil, berikut tips mudah merawat AC mobil yang bisa dilakukan secara mandiri, dikutip dari Auto2000, Rabu.

1. Jaga kebersihan kabin mobil

Kabin mobil yang kotor dan berdebu dapat mengganggu kebersihan AC mobil. Kondisi ini dapat menyebabkan AC menjadi tidak dingin dan udara yang dihembuskan juga menjadi tidak sehat karena kotor.

Apalagi karena AC mobil menggunakan sistem sirkulasi tertutup yang memanfaatkan udara di dalam kabin mobil untuk didinginkan berulang kali.

2. Hindari membuka jendela mobil saat berjalan

Kondisi tertentu, seperti membayar tol atau parkir, mengharuskan pengemudi untuk membuka jendela mobilnya, dan ini tidak dapat dihindari. Segera tutup kaca depan setelah urusan selesai agar kotoran tidak bisa masuk ke kabin mobil.

Cobalah untuk tidak membuka kaca jika tidak perlu. Perawatan ini juga membuat kabin tetap sejuk dan kerja AC tidak terlalu berat karena udara di dalam mobil selalu dingin.

3. Jangan merokok di dalam mobil

Bau tidak sedap dari asap rokok sangat sulit dihilangkan dan akan menempel di berbagai sudut kabin mobil.

Asap rokok juga berpotensi masuk ke dalam sistem sirkulasi AC sehingga udara dan bau tak sedap nikotin yang berbahaya bagi kesehatan akan bercampur dengan udara pendingin kabin.

Selain itu, asap rokok akan menempel pada filter kabin atau filter AC yang menyaring udara dari AC mobil, memperpendek masa pakainya, bahkan dapat memicu kerusakan.

Baca Juga : Ini Penyebab Lampu Indikator Rem Tangan di Mobil Terus

Baca juga: Kenali Tiga Jenis Rem Cakram Mobil

Baca juga: Mengenal Kaki-kaki pada Kendaraan dan Cara Merawatnya


4. Selalu bersihkan filter AC mobil

Filter AC mobil atau ada yang menyebutnya dengan cabin filter adalah filter udara yang digunakan untuk mendinginkan kabin mobil.

Posisi filter AC biasanya di dashboard dan mengambil udara dari sisi kaki penumpang depan. Lokasi ini sangat rawan kotor. Oleh karena itu, pemilik mobil harus memastikan kebersihan filter AC agar kualitas udara di dalam mobil tetap segar dan bersih.

Jika saat menyalakan AC terasa tidak segar dan tidak nyaman, pemilik mobil bisa berkonsultasi penasehat layanan bengkel untuk memeriksa atau membersihkan jika diperlukan

5. Gunakan pengharum mobil yang sesuai

Aroma yang keluar dari pewangi mobil belum tentu cocok untuk semua orang. Untuk amannya, gunakan parfum dengan aroma yang netral atau tidak terlalu menyengat.

Selain itu, pemilihan pengharum ruangan yang tidak tepat dapat membuat AC cepat kotor dan merusak interior mobil seperti meninggalkan noda.

Jenis pewangi mobil juga perlu mendapat perhatian khusus, karena jika salah memilih, ada bahan kimia dalam pewangi yang akan mencemari kondensor AC.

6. Selalu lakukan servis berkala

Servis berkala memastikan kondisi mobil selalu prima, baik mesin, kaki-kaki, hingga pendingin kabin. Tujuannya agar pemilik mobil merasa nyaman saat bepergian karena semua fitur mobil, termasuk AC mobil, berfungsi dengan baik dan optimal.

Lakukan servis berkala sesuai petunjuk perawatan kendaraan yaitu setiap enam bulan atau 10.000 km.

Baca juga: Salah Memilih Jenis Oli Bisa Bikin Mesin Bermasalah

Baca juga: Lima Langkah Menjaga Kondisi Mobil Selama Masa PPKM

Baca juga: Pentingnya Mengecek “Wheel Alignment” Suspensi dan Ban Mobil

reporter:
Redaktur: Ida Nurcahyani
Hak Cipta © Mechanicity 2022