Porsche suntik dana 75 juta dolar AS untuk eFuels

Jakarta (Mechanicity) –

Produsen mobil Jerman Porsche telah menyuntikkan kembali dana ke perusahaan induk yang bertanggung jawab atas beberapa fasilitas produksi eFuel sebesar US$75 juta.

Dalam hal ini induk perusahaannya adalah HIF Global LLC yang memang aktif secara internasional dan sedang membangun pilot plant Haru Oni ​​eFuel di Punta Arenas, Chile.

Anggota Dewan Eksekutif untuk Pengadaan di Porsche AG, Barbara Frenkel mengungkapkan bahwa bahan bakar memberikan kontribusi penting untuk perlindungan iklim dan melengkapi elektromobilitas kami dengan cara yang berarti.

“Dengan berinvestasi dalam produksi eFuels industri, Porsche semakin memperluas komitmennya terhadap mobilitas yang berkelanjutan. Secara total, investasi kami dalam mengembangkan dan menyediakan teknologi inovatif ini berjumlah lebih dari USD 100 juta,” kata Barbara Frenkel dikutip dari CarsCoops, Kamis.

Seperti diketahui, Porsche telah memulai pembangunan fasilitas produksi eFuel pada September. Pabrik ini juga diklaim bebas emisi berkat energi hijau yang digunakan untuk menyalakannya. Siemens Energy dan ExxonMobil juga telah menandatangani sebagai mitra untuk proyek tersebut.

Investor lain di HIF Global termasuk Chilian Andes Mining & Energy (AME) dan perusahaan Amerika EIG, Baker Hughes Company dan Gemstone Investments. Uang investasi tambahan akan digunakan untuk berinvestasi di fasilitas produksi eFuel di negara-negara kaya energi terbarukan, seperti Chili, Australia dan Amerika Serikat.

Perlu juga dicatat bahwa Porsche telah mengerjakan bahan bakar terbarukan untuk beberapa waktu, dengan tes yang berhasil di lab dan di trek balap yang sedang diselesaikan.

Untuk membuat eFuel, pabrik membagi air menjadi hidrogen dan oksigen menggunakan elektroliser yang ditenagai oleh energi angin hijau. Hidrogen tersebut kemudian digabungkan dengan CO2 yang disaring dari udara untuk membuat metanol sintetis yang dapat diubah menjadi eFuel.

eFuel berbasis listrik akan memungkinkan pengoperasian mesin pembakaran hampir CO2-netral.

Baca juga: Porsche menargetkan 80 persen mobilnya menjadi listrik pada 2030

Baca juga: Porsche Buka Peluang Gandeng Apple

Baca juga: Polisi Selidiki Transaksi Jual Beli Porsche Doni Salmanan

reporter:
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
Hak Cipta © Mechanicity 2022