Pesona deretan mobil baru di IIMS Hybrid 2022, ini daftarnya

Jakarta (Mechanicity) – Sejumlah merek otomotif memperkenalkan jajaran model kendaraan terbarunya di hari pertama ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 yang akan digelar di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Kamis.

Beberapa di antaranya bahkan berhasil menarik perhatian pecinta otomotif Tanah Air, seperti Hyundai Ioniq 5 dan mobil konsep listrik Toyota Kijang Innova.

Mechanicity telah merangkum deretan mobil terbaru yang diperkenalkan dan diluncurkan pada pameran otomotif yang akan berlangsung mulai 31 Maret hingga 10 April 2022. Berikut daftarnya.

1. BMW 320i Sport

 

New BMW 320i Sport diluncurkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (31/3/2022) (Mechanicity/Suci Nurhaliza)

BMW Indonesia meluncurkan varian baru THE 3 yaitu New BMW 320i Sport di ajang IIMS Hybrid 2022. BMW 320i Sport merupakan varian terbaru dari THE 3, melengkapi varian yang sudah ada yaitu BMW 330i M Sport dan BMW 320i Dynamic.

Dengan teknologi baru, BMW 320i menghasilkan output maksimum 184 hp dengan torsi puncak 300 Nm. Peningkatan output dan torsi tersebut merupakan hasil dari optimalisasi sistem mesin BMW TwinPower Turbo baru.

Desain BMW THE 3 series terbaru memiliki permukaan berkontur yang mencolok. Kendaraan ini memiliki panjang 4.709 milimeter, lebar 1.827 milimeter, dan tinggi 1.442 milimeter. Selain itu, jarak sumbu roda 2.851 milimeter dan penambahan lebar kendaraan membuat kendaraan lebih stabil dan lincah.

BMW 320i Sport baru juga dilengkapi dengan Gesture Control dan asisten pintar yang dapat dikontrol dengan suara. Untuk kecanggihan berkendara, teknologi Dynamic Cruise Control juga telah disematkan dengan fungsi pengereman, asisten pengemudi, dan kamera. BMW 320i Sport baru dibanderol dengan harga Rp 895.000.000 (off-the-road).

2. Hyundai Ioniq 5

 

Hyundai Motor Indonesia Perkenalkan IONIQ 5 di IIMS Hybrid 2022 (Mechanicity/Chairul Rohman)

PT Hyundai Motors Indonesia memperkenalkan mobil listrik terbarunya, Ioniq 5, yang dibuat di pabrik Cikarang, Jawa Barat.

Pengenalan produk kendaraan listrik ini merupakan terobosan baru dan langkah bersejarah dalam industri otomotif tanah air karena merupakan mobil listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV) pertama yang diproduksi massal di Indonesia.

Mobil listrik ini, hadir dengan desain futuristik yang dilengkapi dengan bahan ramah lingkungan, dan merupakan mobil listrik pertama yang dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (E-GMP), sebuah platform dengan banyak keunggulan yang dirancang oleh Hyundai Motor Group khusus untuk model ini. . kendaraan BEV.

Hyundai membekali kendaraan listrik ini dengan sistem pengereman regeneratif, yaitu sistem yang akan mengisi baterai mobil dengan memanfaatkan energi kinetik yang dihasilkan saat mobil melakukan perlambatan.

Ioniq 5 diklaim Hyundai Indonesia mampu menempuh jarak hingga 384 KM saat baterai mobil terisi penuh.

3. Tesla Model Y

 

Prestige Image CEO Motorcars Rudy Salim saat peluncuran Tesla Model y di IIMS Hybrid 2022 (Mechanicity/Chairul Rohman)

Perusahaan kendaraan listrik Amerika Serikat Tesla juga pamer di IIMS tahun ini. Mobil mereka, Tesla Model Y, dihadirkan oleh Importir Umum (IU) Prestige Image Motorcars dengan banderol Rp. 2 miliar.

Tesla Model Y yang dibawa Prestige ke Indonesia, hadir dengan dua pilihan, yakni Long Range dan Performance. Varian Long Range mampu menempuh jarak 532 km dengan top speed hingga 217 km/jam.

Untuk varian Performance menempuh jarak 513 km dengan top speed 249 km/jam.

Tesla Model Y hadir dalam beberapa pilihan warna seperti Pearl White Multi-coat, Solid Black, Deep Blue Metallic, Midnight Silver Metallic dan Red Multi-Coat. Mobil sudah bisa didapatkan konsumen dengan masa inden 45 hari.

Baca juga: Toyota Perkenalkan Kijang Innova Electric di IIMS Hybrid 2022

Baca juga: IIMS Hybrid 2022 Targetkan Transaksi Rp 2 Triliun

Baca juga: Hyundai Kenalkan Mobil Listrik Ioniq 5 Buatan Pabrik Cikarang

4. Suzuki XL7 FF

 

Peluncuran Suzuki XL7 FF di ajang IIMS Hybrid 2022 (Mechanicity/Chairul Rohman)

PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) resmi meluncurkan varian tertinggi “The Extraordinary SUV” yakni XL7 Alpha FF yang dibanderol mulai dari Rp. 294 juta.

Mobil ini telah membawa berbagai pembaruan baik dari interior maupun eksterior. Suzuki XL7 Alpha FF ini hadir dengan Warna Body Black & Red Accent di beberapa bagian body.

XL7 Alpha FF dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Smart E-mirror, Electronic Stability Program (ESP), Fire Extinguisher, Noise Vibration Harshness (NVH), Hill Hold Control untuk transmisi otomatis (AT), Security Alarm Immobilizer & Keyless Entry, dan Sistem Pengereman Otomatis + Distribusi Tenaga Rem Elektronik (ABS + ABD).

Dapur pacunya ditenagai mesin K15B berkapasitas 1.462 cc yang menghasilkan tenaga 104,7 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 Nm pada 4.400 rpm.

Suzuki XL7 FF yang diproduksi terbatas ini dibanderol dengan harga Rp 305 juta untuk transmisi otomatis dan Rp 294 juta untuk transmisi manual.

5. Toyota Kijang Innova Electric

 

Pengunjung melihat Toyota Kijang Innova Electric dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2022 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (31/3/2022). Mechanicity FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.

PT Toyota Astra Motor (PT TAM) memperkenalkan kendaraan BEV (battery vehicle electric) berbasis Toyota Kijang Innova di ajang IIMS Hybrid 2022.

Sejauh ini, mobil konsep listrik Toyota Kijang Innova merupakan mobil merek nasional pertama yang dirancang untuk sepenuhnya menggunakan listrik sebagai tenaga mesin.

Toyota mengatakan tujuan memperkenalkan Kijang Innova EV Concept adalah untuk mempelajari dan meningkatkan popularitas kendaraan listrik di masyarakat.

6. MG 5 GT

 

MG 5 GT di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 (Mechanicity/Ho)

MG memeriahkan IIMS Hybrid 2022 dengan menghadirkan sedan perdananya, MG 5 GT yang hadir dengan tiga varian yakni Active, Igninte, dan Magnify yang merupakan varian tertinggi sedan coupé 4 pintu di Indonesia.

Sedan besutan MG ini juga mengusung gaya desain baru bernama 3rd Generation MG Family Design Language.

MG juga membagikan detail harga untuk ketiga varian tersebut, Rp339,9 juta untuk varian Activate, Rp359,9 untuk varian Ignite, dan Rp399,9 untuk Magnify sebagai varian tertinggi dengan fitur terlengkap.

7.DFSK Makhluk SF5

 

IIMS 2022 DFSK Seres SF5 (Mechanicity/Ho)

DFSK untuk pertama kalinya menghadirkan mobil listrik Seres SF5. Mobil ini hadir dengan dukungan teknologi High Performance Dual Electric Motor, dimana sistem penggerak yang diadopsi menggunakan teknologi all-wheel drive.

SUV ini juga dilengkapi dengan dua motor listrik berupa SEP200AC dengan daya 255 kW di bagian depan dan HW150 dengan daya 150 kW di bagian belakang. Motor listrik ini ditenagai oleh baterai Li-ion 35 kWH.

Akselerasi Seres SF5 dari 0 hingga 100 kilometer per jam diklaim hanya membutuhkan waktu 4,7 detik.

Seres SF5 dilengkapi dengan Intelligent Extended Range Technology. Terdapat mesin pembakaran yang berfungsi sebagai generator untuk mengisi ulang energi listrik baterai saat kondisi sisa 20 persen energi listrik dalam baterai. Berkat teknologi ini, Seres SF5 bisa melaju hingga 1.000 kilometer.

Baca juga: Prestige Bawa Tesla Model Y Rp 2 Miliar

Baca juga: MG Meriahkan IIMS dengan Membawa MG 5 GT

Baca juga: Suzuki Luncurkan XL7 FF Dibanderol Rp 300 Jutaan

reporter:
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
Hak Cipta © Mechanicity 2022