Pertama kali sejak 1999, Suzuki Wagon R puncaki penjualan di India

Jakarta (Mechanicity) – Suzuki Wagon R pada tahun anggaran 2021-2022 menduduki puncak penjualan mobil di India untuk pertama kalinya sejak mobil tersebut diproduksi di Pabrik Gurugram pada 1999, dengan penjualan sebanyak 188.838 unit, meningkat 18 persen dari tahun lalu. 160.330 unit, Economic Times melaporkan pada hari Kamis. Selasa.

Suzuki Wagon R menggeser penjualan mobil kota Suzuki Swift saat ini berada di peringkat kedua dengan 167 ribu unit, sedangkan Baleno di peringkat ketiga dengan 146 ribu unit, Suzuki Alto 145 ribu unit, dan Suzuki Dzire 126 ribu unit.

Dengan demikian, ada lima produk Suzuki yang mendominasi penjualan mobil di India pada tahun anggaran 2021-2022.

Baca juga: Suzuki investasikan US$ 1,4 miliar untuk kendaraan listrik

Pesaing terdekat mereka adalah Tata Motors melalui produk Tata Nexon yang terjual 124 ribu unit di posisi keenam dan Hyundai Creta dengan 118 ribu unit di posisi ketujuh.

Executive Director Maruti Suzuki India, Shashank Srivastava menjelaskan, penjualan Wagon R didorong hadirnya versi berbahan bakar gas (CNG) yang diminati konsumen, yang menyumbang 40 persen dari total penjualan small city car tersebut.

“Kelima mobil terlaris di India adalah mobil kecil yang menunjukkan pentingnya mobil jenis ini di pasar, bahkan melampaui SUV,” kata Shashank Srivastava.

Suzuki Wagon R India (Mechanicity/HO Maruti Suzuki)

Model lain yang menggunakan bahan bakar CNG adalah Suzuki Ertiga dengan penjualan 117.150 unit.

“Permintaan untuk versi CNG sangat kuat. Sedemikian rupa sehingga meskipun kami ingin menawarkan lebih banyak model dengan CNG, kami tidak dapat melakukannya karena kami tidak dapat sepenuhnya memenuhi permintaan untuk model yang ada,” tambah Srivastava.

Baca juga: Suzuki berinvestasi di India untuk meningkatkan produksi EV

Di sisi lain, Tata Motors menghargai mobil kendaraan utilitas olahraga masih memiliki potensi yang kuat di India. Tata Nexon, misalnya, meski berada di urutan keenam, mampu menjual dua kali lipat pada tahun anggaran 2021-2022 dibandingkan periode sebelumnya.

“Seiring pergeseran tren konsumen ke SUV, kami melihat portofolio kami tumbuh lebih kuat. Dan Nexon, sejak diluncurkan, sangat penting dalam mempercepat pertumbuhan kami di segmen SUV,” kata Shailesh Chandra President of Passenger Vehicles di Tata Motors. .

Di Indonesia, Karimun Wagon R sudah tidak diproduksi lagi untuk pasar domestik sejak akhir tahun 2021, namun masih diekspor dalam bentuk Sepenuhnya Knock Down (CKD).

Baca Juga: Intip Trio Modifikasi Mobil Suzuki di IIMS 2022, Ada XL7 Camper Van

Baca juga: Suzuki Luncurkan Mesin Tempel di IIMS Hybrid 2022

Baca juga: Suzuki Luncurkan XL7 FF Dibanderol Rp 300 Jutaan

reporter:
Redaktur : Suryanto
Hak Cipta © Mechanicity 2022