Permintaan kendaraan baru naik 20 persen jelang Lebaran

Jakarta (Mechanicity) – Portfolio Director PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk Harry Latif mengungkapkan permintaan kendaraan baru tahun ini akan meningkat 20% jelang mudik Lebaran.

“Kenaikan pembelian kendaraan baru bisa meningkat 15 sampai 20 persen dari biasanya, untuk roda dua dan roda empat,” kata Harry Latif beberapa waktu lalu di Jakarta.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa pemberian kelonggaran untuk pulang kampung menjadi berkah tersendiri bagi para penjual kendaraan di Indonesia.

“Ini luar biasa ya, karena mudik akan menumbuhkan minat beli kendaraan. Tahun lalu yang tidak boleh mudik itu membeli kendaraan baru, padahal tahun lalu hanya di Jakarta dan sekitarnya,” ujarnya.

Meski begitu, ia kembali menjelaskan bahwa Adira Finance sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan memperkirakan permintaan kendaraan tidak hanya akan terjadi di kota-kota besar, namun akan merata di hampir setiap wilayah di Indonesia.

“Kali ini untuk seluruh wilayah Indonesia permintaan akan roda dua dan roda empat akan meningkat,” ujarnya.

Tidak hanya dari sisi kendaraan baru, permintaan kendaraan bekas juga akan memberikan kontribusi yang tinggi seiring dengan meningkatnya jumlah permintaan di pasar mobil bekas dan juga sepeda motor bekas jelang Hari Raya.

Sebagai informasi tambahan, pada tahun 2021 Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan kendaraan baru mencapai 887.200 unit dari yang ditargetkan hanya 750 ribu unit dan untuk tahun ini GAIKINDO mematok target 900 ribu unit.

Baca juga: Permintaan mobil baru diperkirakan naik 16 persen jelang mudik

Baca juga: Intip Program Seru Mobil Baru di IIMS Hybrid 2022

Baca juga: Pesona Jajaran Mobil Baru di IIMS Hybrid 2022, Ini Daftarnya

reporter:
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
Hak Cipta © Mechanicity 2022