Pentingnya sadar keselamatan berkendara selama mudik menggunakan motor

Jakarta (Mechanicity) – Wakil Ketua Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Brigjen Pol. Suhendri, SH, SIK menghimbau kepada pemudik yang ingin melakukan aktivitas mudik menggunakan kendaraan roda dua agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas dan juga mengutamakan keselamatan saat berkendara.

“Kami mengimbau kepada yang mudik menggunakan sepeda motor, agar tetap mengutamakan keamanan untuk dirinya sendiri dan untuk orang lain di sekitarnya,” kata Brigjen Pol Suhendri, SH, SIK, di Jakarta.

Dalam hal ini, dari sisi keselamatan berkendara, menurut dia, pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua harus tetap menggunakan perlengkapan berkendara yang lengkap dan juga menjaga kondisi tubuh agar tetap fit selama perjalanan.

Agar kondisi tubuh tetap fit selama perjalanan mudik, diharapkan para pengguna kendaraan roda dua dapat mengatur waktu istirahatnya dan juga tidak memaksakan jalan dengan kondisi yang tidak sehat atau bahkan sangat lelah.

“Mereka juga harus disiplin dalam berlalu lintas dan itu juga akan membantu para petugas yang berjaga di lapangan nantinya,” ujarnya.

Saat ini, pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk kembali ke tradisi tahunannya, yaitu pulang ke kampung halaman, yang telah dilarang pemerintah selama beberapa waktu guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Baca juga: Sebelum Pulang, Pertimbangkan Biaya Kesehatan dan Perjalanan

Baca juga: Lima Perlengkapan yang Harus Dimiliki Saat Pulang Menggunakan Kendaraan Pribadi

Baca juga: Sebelum Pulang, Jangan Lupa Perhatikan Filter Oli

reporter:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Hak Cipta © Mechanicity 2022