Penjualan mobil listrik VW melejit 65 persen, pasar China jadi andalan

Jakarta (Mechanicity) – Grup Volkswagen melaporkan penjualan mobil listrik pada kuartal I 2022 melonjak 65 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, ditopang oleh pertumbuhan yang menjanjikan di pasar China.

Volkswagen dalam siaran pers pada hari Minggu melaporkan bahwa permintaan mobil listrik terus menunjukkan kinerja positif meskipun ada kendala pasokan komponen perusahaan keping semikonduktor dan tali kawat.

Pabrikan yang memproduksi mobil listrik generasi terbaru, VW ID Buzz, melaporkan telah mengirimkan 99.100 mobil listrik pada kuartal pertama tahun ini, naik dari 60.000 unit pada tahun sebelumnya.

Baca juga: VW Recall 6.500 Tiguan Karena Masalah “Spoiler”

China menjadi tulang punggung penjualan VW dengan penjualan 28.800 unit, atau sepertiga dari total penjualan mobil listrik global VW. Penjualan VW di China juga meningkat empat kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

 

Identitas. berdengung. Tampilan Volkswagen ID-Buzz, penerus VW Combi. (REUTERS/BENOIT TESSIER)

Volkswagen memang memacu pabriknya untuk terus memproduksi mobil listrik. Sebelumnya, mereka meluncurkan versi produksi dari lini produk VW-ID, yakni ID-Buzz yang disebut-sebut sebagai penerus mikrobus VW Combi dengan penggerak listrik.

Dibangun di Hanover dengan modul yang sebagian besar dipasok dari produksi lokal oleh Grup Volkswagen di Jerman, penerus Combi menggunakan baterai lithium-ion 82 kWh dan dapat mencapai kecepatan maksimum 90 mil atau 144 kilometer per jam.

Baca juga: Volkswagen Tunda Peluncuran ID.5 Karena Kekurangan Kabel

ID Buzz tersedia dalam dua pilihan, yaitu Buzz versi mobil penumpang dan kargo. Untuk pengisian daya, baterai Buzz hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk kapasitas 5 hingga 80 persen dengan metode pengisian cepat.

Dilansir Reuters, mikrolet ID-Buzz yang menggunakan motor listrik 150 kW dengan penggerak roda belakang ini akan tersedia di dealer Eropa pada kuartal ketiga tahun 2022. Pabrikan asal Jerman itu juga membidik konsumen Amerika yang rencananya akan diluncurkan pada akhir tahun 2023.​​​

Berikut hasil penjualan VW pada kuartal pertama tahun 2022:

– Volkswagen ID.4 = 30.300 unit
– Volkswagen ID.3 = 13.000 unit
– Audi Q4 e-tron (termasuk Sportback) = 10.700 unit
– Audi e-tron (termasuk Sportback) = 10.300 unit
– Porsche Taycan (termasuk Cross Turismo) = 9.500 unit.

Baca juga: Volkswagen Buka Bisnis di China, Amankan Pasokan Bahan Baku Baterai

Baca juga: Volkswagen Peringatkan Risiko Krisis Ukraina ke Rantai Pasokan

Baca juga: Kemunculan Volkswagen ID-Buzz, Penerus VW Combi

reporter:
Redaktur : Suryanto
Hak Cipta © Mechanicity 2022