Pasar sedan semakin menantang, ini spesifikasi MG 5 GT dan Civic RS

Jakarta (Mechanicity) – Meski pasar kendaraan jenis sedan masih belum terlalu menggairahkan di pasar otomotif di Indonesia, beberapa produsen otomotif masih menyediakan kendaraan yang kini banyak digunakan kalangan eksekutif dengan berbagai keunggulan di ruang teknologi dan performa.

Seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh pabrikan asal Inggris, yakni MG, yang meluncurkan MG 5 GT di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di JIEXPO, Kemayoran.

Tak hanya MG 5 GT yang merambah pasar sedan, pemain lama pabrikan Jepang juga telah meluncurkan kendaraan berjenis sedan pada 2021, yakni Honda Civic RS yang menggantikan peran Civic RS Hatcback di pasar Indonesia.

Baca juga: Riasan Yamaha X-Ride dengan Tiga Warna Baru

Baca juga: Honda dan GM Kembangkan Kendaraan Listrik Terjangkau

Desain
Berbicara mengenai desain MG 5 GT, kendaraan yang satu ini seolah menghadirkan desain yang sangat segar dengan kombinasi warna yang begitu mencolok. Hal ini terlihat dengan desain baru yang mereka sebut sebagai 3rd Generation MG Family Design Language yang menonjol dari sisi eksterior dan interiornya.

Yang lebih menarik lagi, MG menyebut kendaraan ini sebagai sedan coupé 4 pintu. Otomatis bisa langsung menghipnotis banyak pengunjung di pameran IIMS Hybrid 2022 yang akan berlangsung hingga 10 April mendatang.

Tak hanya itu, mobil ini juga telah menggunakan logo terbaru untuk merayakan hari jadi merek yang telah mencapai 100 tahun berkiprah di dunia otomotif.

Untuk penantang terdekatnya, MG harus berhadapan dengan Honda Civic RS yang hadir dengan desain berbeda sportif dipadukan dengan kesan mewah sehingga mobil ini juga menarik hati anak muda yang enerjik dan juga terkini dengan perkembangan teknologi.

 

Peluncuran MG 5 GT di Indonesia (Mechanicity/Ho)

Dimensi
Honda Civic RS ini merupakan generasi ke-11 dari keluarga Civic, mobil ini juga memiliki dimensi yang lebih panjang 30 mm dari yang sebelumnya, wajar saja jika HPM selaku pabrikan Honda di Indonesia menyebut kendaraan ini lebih lebar 30 mm dari yang sebelumnya. Dimensi kendaraan untuk saat ini adalah 4.678 mm L x 1.802 mm L x 1.415 mm H.

Sedangkan untuk penantang terbarunya, MG 5 GT memiliki dimensi Panjang (mm) 4.675, Lebar (mm) 1.842, Tinggi (mm) 1.473 dengan jarak sumbu roda (mm) mencapai 2.680.

Dalam hal ini, MG 5 GT masih terlihat unggul dari segi dimensi lebar dan tinggi yang tidak terlalu jauh dari kompetitor asal Jepang tersebut.

Bagian luar
MG 5 GT hadir dengan make up yang begitu mempesona, seperti hadirnya LED Headlamp, Front Headlamp auto mati-matiListrik Dapat Disesuaikan cermin pintu dengan lampu belok sampingFolding Door Mirror, Daytime Running Light dan Rear Fog Lamp.

Mobil ini juga menggunakan LED Tail Lamp, LED High Mount Stop Lamp, Rear Defogger dan Electric Sunroof yang membuat kendaraan ini semakin modern.

Sedangkan penantang dari perusahaan berlogo H mempresentasikan desainnya kisi yang sama seperti sebelumnya yaitu embedding memanggang minimalis yang terkesan lebih modern.

Grille depan kendaraan ini juga memiliki desain yang menyatu dengan titik pencahayaan yang sudah menggunakan full LED disertai dengan lampu lari siang Lampu sein LED dan LED.

Seperti kendaraan lainnya, Honda Civic RS juga memiliki spion lipat otomatis yang dipadukan dengan perlengkapan aero RS eksklusif. Untuk lebih menekankan kesan bahwa sportifHonda Civic RS ini ditopang velg alloy 17 inci paduan hitam matteantena sirip hiuserta gagang pintu dengan aksen hitam.

Di bagian samping, garis tegas juga masih dipertahankan Honda. Jika melirik ke belakang, emblem RS pada Civic ini semakin dipertegas dengan hadirnya bocoran di bagian belakang yang sangat mengesankan sportif dan hadir dalam warna yang berbeda, yaitu hitam.

 

Honda Civic RS Generasi ke-11 (Mechanicity/Chairul Rohman)

Baca juga: Hyundai Creta Vs All New Honda HR-V, Siapa yang Lebih Unggul?

Pedalaman
Menurut catatan yang dibagikan, MG 5 GT hadir dengan dua warna untuk urusan interior yaitu hitam dan juga kombinasi hitam dan merah yang bisa dipilih, bahannya juga menggunakan kain dan yang paling tinggi menggunakan kulit.

Mobil ini juga dilengkapi dengan kantong kursi, kursi pengemudi yang dapat diatur 6 arah, kursi penumpang depan yang dapat disesuaikan 4 arah, sandaran tangan depan, kursi lipat belakang, roda kemudi multi fungsidan juga untuk menambah kenyamanan mobil ini dilengkapi dengan instrument cluster digital berukuran 7 inci.

Selain itu, mobil ini telah mengadopsi jendela elektrik One Touch Up-Down di sisi pengemudi, peredupan kaca spion manual, sistem pendingin udara digital, ventilasi udara untuk penumpang belakang.tekan tombol mulai dan ada juga filter dan penyematan udara PM 2.5 kendali pelayaran di dalamnya.

Honda Civic RS memiliki fokus pada kenyamanan penumpang belakang, hal ini terlihat berkat penambahan jarak roda yang dialami Honda Civic RS menjadi poin penting bagi penumpang belakang yang kini semakin lega.

Di bagian belakang, penumpang juga tidak perlu khawatir ketika ponsel sudah masuk ke dalam panggung baterai lemahkarena sudah ada dua slot yang sudah disediakan serta ventilasi AC yang memberikan kenyamanan lebih.

Saat kita memasuki bagian sopirdengan jelas ditampilkan berbagai keindahan yang telah dihadirkan oleh Honda, misalnya interaktif TFT kluster meteran dengan pengaturan tampilan kustom yang memiliki ukuran 10,2 inci.

Dalam fitur ini, pengendara telah melihat semua informasi melalui panel kluster meteran Seperti teknologi keselamatan dari Honda yakni Honda Sensing, sistem navigasi, pengingat kursi belakang, hingga lampu indikasi aktivitas pada kendaraan semuanya akan terlihat di panel tersebut. kluster meteran itu.

Setelah itu, pada bagian sampingnya terdapat aksen honeycomb yang menggunakan logam sebagai pengisi segmennya dasbor yang berfungsi untuk mengalirkan udara dari AC dan juga sebagai pemisah visual Mechanicity tampilan layar audio berukuran 9 inci yang didukung oleh apple carplay dan juga android auto.

 

Interior Honda Civic RS Generasi ke-11 (Mechanicity/Chairul Rohman)

Sistem keamanan
MG 5 GT hadir dengan sistem keselamatan yang lengkap seperti FSF (Full Space Frame), EPB (Electronic Parking Brake), AVH (Auto Vehicle Hold), ABS (Anti-lock Braking System) & EBD (Electronic Brake-force Distribution). ), EBA (Bantuan Rem Elektronik).

Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan XDS (Electronic Differential System), TCS (Traction Control System), SCS (Stability Control System), HSA (Hill-start Assist System), ESS (Emergency Stop Signal), Follow Me Home Light, RDA ( Sistem Bantuan Pengemudi Belakang), BSD (Blind Spot Detection), LCA (Lane Change Assist), RCTA (Rear Cross Traffic Alert), RCW (Rear Collision Warning), ISOFIX.

Lalu ada juga Speed ​​Sensing Door Lock, Front Seat 3-point Seatbelt, Front Airbags, Side Airbags, Side Curtain Airbags, Rear View Camera, 360 omni directional camera
Sensor Parkir Belakang, Sistem kunci pengaman Immobilizer, Ban Serep

Sedangkan Honda Civic RS menghadirkan sistem keselamatan yang dibanggakan yaitu Honda Sensing yang meliputi: sistem rem mitigasi tabrakan (CMBS), sistem bantuan penjaga jalur (LKAS), sistem mitigasi keberangkatan jalan (RDM), kontrol jelajah adaptif, balok tinggi otomatissebaik memimpin sistem pemberitahuan keberangkatan mobil (LCD).

Honda juga sudah menyematkan enam airbagTeknologi pengereman ABS, EBD + BA, bantuan awal bukit, bantuan stabilitas kendaraanrem parkir listrik dan sinyal berhenti darurat.

Mesin
Mobil yang memiliki DNA British ini hadir dengan mesin DOHC 4 Cylinder 16 Valve VTi – TECH 1.498 cc dengan tenaga yang bisa disalurkan mencapai 114ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 150 Nm pada 4.500 rpm.

Sedangkan Honda Civic RS Generasi ke-11, masih menggunakan mesin yang sama dengan kode yang sama, yakni 4 silinder 1500 turbo. Namun Honda mencatat ada peningkatan tenaga dari 173 ps menjadi 178 ps dengan torsi maksimal 240 Nm.

Tenaga itu disalurkan ke roda penggerak depan dan Honda juga tetap percaya menggunakan transmisi CVT yang digunakan Honda Civic RS.

Harga
MG 5 GT
-Model 1.5L Aktif Rp339,9 juta
-Model 1.5L Ignite Rp359,9 juta
-Model 1.5L Magnify Rp399,9 juta

Honda Civic RS
-Hoda CIVIC RS Rp567

Baca Juga : Order Lewat 5 Ribu Unit, All New HR-V Inden Sampai Agustus 2022

Baca Juga: Honda Pesan 401 Unit Selama Tujuh Hari IIMS

Baca juga: Melihat Lebih Dekat All New Honda BR-V dan Suzuki XL7 FF

reporter:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Hak Cipta © Mechanicity 2022