Para pemudik yang menggunakan SUV harus perhatikan hal-hal ini

Jakarta (Mechanicity) – Pengguna kendaraan sport utility vehicle (SUV) yang hendak melaksanakan kegiatan mudik Lebaran 2022 dihimbau untuk lebih berhati-hati dan tidak asal-asalan dalam menempatkan barang bawaannya.

Dikatakan oleh Julian Johan, seorang Off-Roader Enthusiast, bahwa dengan menempatkan barang yang tepat dan tidak asal-asalan akan menghasilkan rasa nyaman saat bepergian.

“Yang harus diperhatikan adalah pengelolaan menempatkan hal-hal, tampaknya sepele. Karena SUV itu tinggi, jadi jika Anda meletakkan sesuatu di posisi yang salah dan itu akan mempengaruhi mobil bergoyang atau gulungan tubuh,” kata Julian Johan atau yang akrab disapa Jeje saat dihubungi, Sabtu.

Menurutnya, persiapan selain memperhatikan hal-hal mendasar sebelum menggunakan mobil untuk jarak jauh, seperti pengecekan oli, kampas rem, dan tekanan angin pada ban, masih ada hal-hal penting saat menggunakan kendaraan berbodi. gambot.

“Dalam SUV ada hal-hal yang harus spesifik, karena SUV itu tubuhnya lebih tinggi dari mobil lain. Jadi, tubuh gulungancenderung lebih besar dan mobil menjadi lebih goyah, apalagi jika mobil telah dimodifikasi menjadi lebih tinggi, memiliki suspensi tinggi, menggunakan ban tinggi sehingga gulungan tubuh Itu lebih besar dan lebih goyah,” katanya.

Baca Juga : Ini Penyebab Lampu Indikator Rem Tangan di Mobil Terus

Selain mengecek hal-hal tersebut, pengguna kendaraan SUV saat mudik juga diharapkan memperhatikan perilaku berkendaranya karena akan berbeda dengan berkendara di hari biasa yang cenderung lebih sedikit dari segi beban.

“Perilaku berkendara juga penting untuk diperhatikan. Jadi, begitu mobil terisi penuh akan sangat berbahaya, terutama saat bermanuver. Jadi yang harus diperhatikan adalah jika saat menggunakan SUV, bagaimana cara membawanya saat berkendara. manuver harus lebih tenang agar tidak oleng dan meliuk atau berbelok. Kejadian fatal lainnya,” jelasnya.

Ia juga tidak merekomendasikan kepada pengguna SUV yang berada di dalamnya dengan muatan penuh, menggunakan gaya dan cara berkendara serta tidak membawa banyak barang. Akibatnya akan membawa bahaya saat mudik nanti.

Selain cara berkendara yang baik, yang juga harus diperhatikan adalah titik pengereman yang juga akan sedikit berubah dari hari-hari biasa yang tidak membawa beban penuh di dalam kabin.

“Satu lagi, titik pengereman. Karena SUV adalah mobil berat dengan ban besar dan ketika terisi penuh, remnya lebih awal, dan berbeda seperti yang kita kendarai di hari biasa,” katanya.

“Titik pengereman harus lebih awal jika kita menggunakan SUV dengan muatan penuh. Jadi saya harap antisipasi sudah ada sejak awal agar lebih aman,” pungkasnya.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Saat Mobil Salah Mengisi Bahan Bakar?

Baca juga: 3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pulang dengan Kendaraan Pribadi

Baca juga: Perhatikan Kondisi Radiator Saat Pulang dengan Mobil Pribadi

reporter:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Hak Cipta © Mechanicity 2022