Mobil Vietnam VinFast bisa “numpang ngecas” di fasilitas VW

Jakarta (Mechanicity) – Pemilik mobil listrik asal Vietnam, VinFast, dapat menggunakan jaringan pengisian listrik milik Volkswagen di Amerika Serikat, demikian laporan Nikkei, seperti dikutip, Minggu.

VinFast dapat memanfaatkan jaringan pengisian listrik Volkswagen setelah Vingroup dan Electrify America menandatangani perjanjian kerja sama di New York International Auto Show.

Untuk menggunakan stasiun pengisian daya VW, pemilik VinFast di AS harus mengunduh aplikasi Electrify America. VinFast juga menyediakan opsi sewa baterai dengan biaya 35 dolar (500 ribu rupiah) hingga 160 dolar AS (2,2 juta rupiah) sebulan.

Baca juga: Mobil Vietnam VinFast Incar Pasar AS dan Eropa

“Dengan memisahkan harga baterai dari harga kepemilikan mobil, VinFast mengambil semua risiko yang terkait dengan baterai kendaraan dan memastikan harga yang wajar untuk produknya,” kata perusahaan itu.

Kerja sama dengan stasiun pengisian listrik tersebut merupakan langkah lanjutan setelah VinFast menandatangani kesepakatan awal investasi US$2 miliar (Rp28,6 triliun) untuk membangun pabrik di North Carolina, Amerika Serikat. Investasi tersebut bahkan mendapat pujian dari Presiden AS Joe Biden.

“Tujuan (kami) adalah untuk mengurangi kekhawatiran dan meningkatkan jangkauan mobil, dan membantu dunia beralih ke transportasi yang lebih bersih dan berkelanjutan,” kata Craig Westbrook, Chief Service Officer AS VinFast.

VinFast dinilai cukup percaya diri memasuki pasar otomotif AS yang sudah dipenuhi berbagai merek kendaraan listrik domestik, mulai dari Eropa hingga Jepang dan China.

Orang terkaya Vietnam, Pham Nhat Vuong yang mendirikan Vingroup bahkan siap mengeluarkan dana pribadinya agar VinFast menjadi merek yang disegani secara internasional.

Baca juga: Vinfast Vietnam Buka Pusat R&D di Australia

Baca juga: Dua Mobil Vietnam Raih Bintang Lima di Uji Tabrak ASEAN NCAP

Baca juga: Pabrikan mobil Vietnam Vingroup garap bisnis penerbangan

reporter:
Redaktur : Suryanto
Hak Cipta © Mechanicity 2022