Mengulik fungsi Y-Connect pada NMax listrik Yamaha E01

Jakarta (Mechanicity) – Yamaha E01 yang digadang-gadang sebagai NMax versi listrik memiliki perangkat konektivitas Y-Connect yang ternyata berbeda dari fitur yang ada pada model konvensional. 

Hanggi Nurakhman selaku IT System Development Yamaha Motor Indonesia pada Jumat (22/4) menjelaskan, mekanisme konektifitas Y-Connect pada E01 tidak lagi menggunakan konektivitas bluetooth dengan smartphone untuk mengirimkan data ke server aplikasi Y-Connect, namun menggunakan jaringan SIM Card.

Dengan demikian, sepeda motor Yamaha E01 dapat langsung mengirimkan data secara langsung ke server aplikasi Y-Connect tanpa melalui smartphone.

Menu pada fitur Y-Connect Yamaha E01 meliputi ragam informasi kendaraan, riwayat berkendara, konsumsi daya, lokasi parkir, hingga pengaturan sepeda motor.

Baca juga: Yamaha Force X hadir di China

Informasi Kendaraan

Informasi kendaraan akan menampilkan beragam informasi yaitu jarak terakhir berkendara, estimasi jarak yang dapat ditempuh oleh kendaraan, dan tanggal data didapatkan.

Dalam fitur itu, level atau kapasitas baterai akan diperlihatkan melalui indikator yang berubah warna sesuai dengan daya tersisa, Mechanicity lain di atas 21 persen berkelir hijau, 20 persen ke bawah berwarna oranye dan muncul peringatan “LOW” apabila kondisi baterai di bawah 5 persen.

Fitur itu juga mampu menampilkan estimasi waktu pengisian daya sampai baterai terisi penuh, menampilkan total jarak tempuh berkendara dan memberikan notifikasi saat terjadi kerusakan dan mempermudah inspeksi di diler.

Riwayat Berkendara

Y-Connect mampu menyimpan riwayat berkendara Anda meliputi kecepatan rata-rata selama berkendara, jarak dari lokasi awal sampai ke tujuan, tanggal berkendara, jalur berkendara akan terekam di aplikasi, lama waktu berkendara sampai ke tujuan, hingga konsumsi daya yang digunakan selama perjalanan.

Konsumsi daya

Fitur itu juga menampilkan grafik konsumsi daya dalam satuan bulan atau tahun dan juga ada tampilan grafik konsumsi daya per satu hari dengan tanggal, konsumsi daya, jarak tempuh, kecepatan rata-rata.

Lokasi parkir

Salah satu keunggulan fitur ini adalah mampu menunjukkan posisi parkir yang otomatis akan ter-update selama 24 jam. Dengan demikian, Anda dapat langsung mengetahui jika sepeda motor Anda berpindah lokasi berkat notifikasi yang diberikan Y-Connect setiap 1 jam sekali.

Untuk notifikasi, Y-Connect akan mengirimkan email kepada pengguna dan memberikan notifikasi di web saat pengisian daya selesai atau terjadi permasalahan saat pengisian daya.

Yamaha E01 (Mechanicity/ALVIANSYAH PASARIBU)

Battery & Charging System

E01 dilengkapi semua fungsi yang diharapkan dari skuter kelas 125cc dengan performa yang cocok untuk mobilitas jarak pendek hingga menengah (komuter).

E01 mengusung desain futuristik, mengadopsi fixed battery yang bisa di-charge di manapun sesuai keinginan konsumen dengan tiga tipe sistem charging (fast charging, normal charging, portable charging). Portable charging yang dapat diletakkan di bagasi motor.

Fixed-lithium ion battery itu berkapasitas 4,9 kWh yang dapat menempuh jarak 104 km dalam kondisi full charging. Lalu dilengkapi konektor charging yang ditempatkan di depan body motor yang memudahkan saat melakukan charging ketika motor diparkir.

E01 memiliki performa yang setara motor konvensional 125cc, dengan tiga riding mode yaitu Power Mode, Standard Mode dan Eco Mode.

Motor listrik E01 menggunakan Double Cradle Frame serta Yamaha Controlled Filling (CF) Aluminimum Die Casting Swing Arm yang memberikan keseimbangan Mechanicity kekuatan dan kekakuan, sehingga membuat bobotnya semakin ringan.

E01 juga dibekali fitur Dual Channel ABS, Dual Rear Suspension, Traction Control System, juga Belt Drive yang memberikan getaran yang sangat rendah serta tidak berisik. Serta regenerative brakes yang memberikan deselerasi yang sangat halus ketika tuas gas ditutup (engine brake feeling).

Baca juga: Yamaha E01 “Nmax listrik” masuk Indonesia semester dua 2022

Baca juga: Yamaha E01 lebih senyap dan minim getaran? Ini penjelasannya

Baca juga: Yamaha luncurkan MT-15 untuk pasar India

 

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © Mechanicity 2022