Lima perlengkapan wajib dibawa saat mudik pakai kendaraan pribadi

Jakarta (Mechanicity) – Bagi Anda yang akan mudik menggunakan kendaraan pribadi saat Lebaran, ada beberapa jenis perlengkapan yang harus dibawa dalam perjalanan.

Dalam hal ini, ada lima perlengkapan yang wajib dibawa saat mudik Lebaran, berikut ulasannya menurut Auto2000, Minggu.

1. Ban Serep dan Jack

Dari sekian banyak perlengkapan yang perlu dibawa saat mudik, ban serep dan dongkrak menjadi dua hal yang wajib dibawa. Saat ini semua mobil dilengkapi dengan ban serep sendiri. Anda juga harus memastikan Anda memiliki dongkrak di dalam mobil.

Ban mobil yang mengalami kebocoran bisa langsung diganti dengan menggunakan ban serep. Namun jangan lupa bahwa ban serep tidak bisa menggantikan ban utama dalam jangka waktu yang lama.

2. Perangkat

Toolkit adalah kotak yang berisi berbagai alat untuk keadaan darurat. Beberapa alat yang biasanya ada di dalam toolkit Mechanicity lain pisau lipat, gunting, tang, kunci L, obeng, kunci pas, kabel, lakban, lakban, pengikat kabel, hingga senter.

Pastikan isi toolkit Anda lengkap sehingga jika terjadi keadaan darurat bisa digunakan. Apalagi kita tahu bahwa perjalanan jauh bisa menimbulkan hal-hal yang tidak terduga. Itulah mengapa memastikan bahwa toolkit yang Anda bawa sangat penting.

Baca juga: 3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pulang dengan Kendaraan Pribadi

3. Alat Navigasi

Perjalanan menuju kota tujuan memang cukup jauh. Selain itu, Anda mungkin belum tentu hapal seluruh rute yang akan ditempuh. Karena itulah dibutuhkan bantuan petunjuk arah dari alat navigasi.

Untungnya, sekarang lebih mudah menggunakan alat navigasi melalui aplikasi peta di smartphone Anda. Memanfaatkan alat navigasi membuat perjalanan Anda lebih lancar tanpa harus tersesat di tengah jalan. Apalagi bagi Anda yang memang memutuskan untuk melakukan perjalanan di malam hari.

4. Kotak pertolongan pertama

Menjaga kondisi kesehatan sebelum melakukan perjalanan sangatlah penting. Sayangnya, ada kondisi di mana kesehatan Anda atau salah satu keluarga Anda menurun di tengah jalan. Jika hal ini terjadi, maka obat-obatan dalam kotak P3K dapat membantu menyembuhkan kondisi tersebut.

Isi P3K tersebut bisa berupa obat demam, pusing, batuk, diare, hingga plester dan koyo. Jangan lupa untuk mengisi obat di kotak P3K agar bisa digunakan dalam keadaan darurat.

5. Kunci Roda Kemudi

Saat memutuskan untuk berhenti di tengah perjalanan, sebaiknya kunci setir terlebih dahulu sebelum berangkat. Hal ini penting dilakukan demi menjaga keselamatan mobil karena kita tidak tahu bagaimana kondisi di sekitar kita.

Baca juga: Mobil Bisa Goyang, Jangan Pasang Atap Box Untuk Pulang Saja

Baca juga: Pemudik Pengguna SUV Harus Perhatikan Hal Ini

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Saat Mobil Salah Mengisi Bahan Bakar?

reporter:
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
Hak Cipta © Mechanicity 2022