Lima langkah periksa kondisi mobil sebelum mudik

Jakarta (Mechanicity) – Jangan jadikan perjalanan mudik tahun ini menjadi perjalan yang tidak menyenangkan akibat pemilik kendaraan lalai memeriksakan kondisi mobil mereka sebelum melakukan perjalanan mudik.

Auto2000 dalam laman resminya yang dikutip pada Senin, membagikan lima langkah untuk merawat kendaraan dan juga mesin kendaraan sebelum dijadikan teman selama mudik lebaran 2022.

1. Pengecekan mesin secara menyeluruh

Pengecekan mesin secara menyeluruh perlu dilakukan karena mobil akan melakukan perjalanan dengan total jarak tempuh hingga ratusan kilometer. Mekanik akan mengecek bagian komponen oli, baik dari segi keenceran atau volumenya, filter oli, hingga yang lainnya.

Kemudian bagian timing belt juga akan dicek agar mengetahui apakah kondisi masih bagus atau sudah retak. Komponen ini sendiri sangat vital karena mendukung kinerja satu komponen dengan komponen lainnya. Perhatikan hal ini agar mobil kembali prima untuk melaksanakan mudik.

2. Kondisi kelistrikan mobil

Bagian kelistrikan mobil menjadi hal penting yang harus dicek dan dirawat sedemikian rupa. Alasannya karena kelistrikan yang berasal dari aki dapat memengaruhi kinerja beberapa komponen lain, seperti lampu mobil, sistem entertainment, hingga sistem starter.

Semua komponen tersebut saling membutuhkan kinerja kelistrikan yang prima. Itulah mengapa bagian ini perlu dicek, termasuk volume air aki sendiri.

3. Kondisi air radiator

Melakukan perjalanan yang jauh hingga ratusan kilometer dapat membuat mesin mobil rentan panas. Namun dengan adanya air radiator maka mesin mobil dapat berada di tingkatan suhu yang tepat. Hal ini dapat diperoleh dengan kinerja sistem radiator yang baik. Oleh karena itu perlu dilakukan pengecekan pada bagian ini.

Level air radiator yang kurang dapat membuat mesin menjadi lebih cepat panas. Para mekanik akan melakukan pengecekan dengan melihat seberapa banyak air radiator yang masih ada.

Jika sudah berkurang, maka mereka akan menambahkannya dengan cairan khusus. Kemudian bagian tabung air atau reservoir radiator juga perlu dicek.

4. Periksa bagian kaki-kaki

Bagian kaki-kaki mobil akan mempengaruhi tingkat kenyamanan Anda selama berkendara. Jika tidak dicek secara mendalam maka tidak aneh ketika Anda mendengar bunyi suara gemuruh dari kaki-kaki mobil. Salah satu bagian yang perlu diperhatikan adalah bearing di roda.

Bearing ini harus dapat kondisi baik. Jangan sampai ada kejadian rusak atau pecah di jalan karena dapat membuat mobil tidak bisa dikendarai lagi sebelum bearing diperbaiki.

5. Cek kondisi ban

Benar sekali, ban mobil harus dicek juga secara detail. Kalau kondisi permukaan ban sudah mulai botak, maka Anda perlu menggantinya. Jangan sampai cengkeraman ban mobil tidak optimal karena dapat mengakibatkan muncul masalah selip saat melintasi jalanan licin.

Cek juga tekanan angin ban. Jangan sampai terlalu tinggi atau terlalu rendah juga. Hal ini sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan Anda dan keluarga, khususnya ketika melewati jalanan dengan permukaan tidak rata.

Baca juga: Pentingnya pemanasan fisik sebelum mudik dengan motor

Baca juga: Pentingnya sadar keselamatan berkendara selama mudik menggunakan motor

Baca juga: Sebelum mudik, jangan lupa untuk perhatikan filter oli

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © Mechanicity 2022