Kia akan bangun pabrik kendaraan yang dibuat khusus di Korea Selatan

Jakarta (Mechanicity) – Produsen mobil asal Korea Selatan Kia Corp menyatakan akan membangun pabrik purpose built vehicle (PBV) di salah satu pabrik dalam negerinya, sebagai upaya menjadi penyedia solusi mobilitas masa depan.

Kia berencana menyelesaikan pabrik PBV pada akhir 2024 dan mulai beroperasi pada 2025, menurut laporan media, dikutip Yonhap, Jumat.

“Sebuah bangunan di pabrik Hwaseong (perusahaan) akan diubah menjadi pabrik PBV. Jangka waktu pembangunan pabrik dan produksi di Hwaseong belum diputuskan,” kata juru bicara perusahaan.

Baca juga: Kia Bakal Luncurkan 14 Model Listrik di 2027

Kia mengatakan kepada CEO Investor Day 2022 awal bulan ini bahwa mereka akan meluncurkan PBV berdasarkan mobil mini Ray 1 liter dan model hibrida Niro tahun ini.

Niro Plus PBV akan digunakan untuk layanan taksi listrik di pasar domestik dan untuk layanan panggilan mobil di pasar luar negeri, kata perusahaan itu.

Kia memiliki delapan pabrik domestik di Korea dan tujuh pabrik di luar negeri, yaitu tiga di China dan masing-masing satu di Amerika Serikat, Slovakia, Meksiko, dan India. Kapasitas keseluruhan mereka adalah 3,84 juta unit.

Baca juga: Penjualan Hyundai dan Kia di Eropa naik 25 persen di Februari

Baca juga: Pekan Otomotif Jakarta, Acara Launching dan Sarana Test Drive Mobil Baru

Baca juga: Enam Perusahaan Recall 92.000 Mobil di Korsel Karena Suku Cadangnya Rusak

reporter:
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
Hak Cipta © Mechanicity 2022