Hyundai, Saudi Aramco akan kembangkan mesin kendaraan hijau

Jakarta (Mechanicity) – Hyundai Motor Group menyatakan akan menggandeng universitas Saudi Aramco dan Arab Saudi untuk bersama-sama mengembangkan bahan bakar dan mesin kendaraan yang ramah lingkungan.

Hyundai, Aramco, dan Universitas Sains dan Teknologi King Abdullah (KAUST) berencana untuk mengembangkan bahan bakar canggih untuk mesin pembakaran ultra-ramping, mesin pengapian percikan untuk menurunkan emisi karbon dioksida kendaraan secara keseluruhan, kata Hyundai dalam sebuah pernyataan.

Proyek bersama dua tahun bertujuan untuk memverifikasi berapa banyak emisi gas rumah kaca dapat dikurangi ketika bahan bakar elektronik digunakan dalam kendaraan listrik hibrida daripada bahan bakar konvensional, katanya.

“Ketika EV hybrid diluncurkan, tantangan sebenarnya sekarang terletak pada pergerakan dengan penghematan bahan bakar yang optimal dan sistem pembakaran yang luar biasa. Tim Aramco menyediakan desain bahan bakar dan gabungan pengetahuan untuk meningkatkan kinerja pembakaran mesin Hyundai Motor Group dan hasilnya dapat mengarah pada penerapan bahan bakar elektronik sintetis,” kata Chief Technology Officer Aramco Ahmad O. Al-Khowaiter dalam sebuah pernyataan.

Hyundai berencana untuk mengurangi emisi karbonnya sebesar 75 persen dibandingkan dengan tingkat 2019 pada tahun 2040 dan menargetkan untuk mencapai netralitas karbon, atau emisi karbon dioksida nol bersih, pada tahun 2045.

Netralitas karbon dapat dicapai dengan menyeimbangkan emisi karbon dengan penghilangan karbon atau dengan memotong emisi karbon seluruhnya.

Untuk mencapai tujuan ini, Hyundai berencana untuk meningkatkan rasio kendaraan listrik menjadi 30 persen pada 2030 dan 80 persen pada 2040 dalam penjualan global, dari 1,5 persen saat ini.

Baca juga: Penjualan Mobil Ramah Lingkungan Hyundai Group di AS Capai 500.000 Unit

Baca juga: Deretan Mobil dan Motor Baru yang Diharapkan Meluncur di IIMS 2022

Baca juga: Hyundai-BAIC Suntik Rp 14 Triliun ke Joint Venture di China

reporter:
Redaktur: Ida Nurcahyani
Hak Cipta © Mechanicity 2022