Hyundai kenalkan mobil listrik Ioniq 5 buatan pabrik Cikarang

Jakarta (Mechanicity) – PT Hyundai Motors Indonesia memperkenalkan mobil listrik terbarunya di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, Kamis, Ioniq 5 yang dibuat di pabrik barunya di Cikarang, Jawa Barat.

Presiden Direktur Hyundai Motor Indonesia SungJong Ha menyatakan pihaknya sangat senang karena hari ini Hyundai menghadirkan sebuah kebanggaan baru sebagai bagian dari transformasi industri otomotif Indonesia.

“Melalui Ioniq 5, Hyundai telah membuktikan komitmennya dalam membangun mobilitas masa depan, sehingga Indonesia dapat menjadi salah satu pemain penting di dunia,” kata SungJong Ha di JIEXPO, Rabu.

Baca juga: Penjualan Hyundai dan Kia di Eropa naik 25 persen di Februari

“Ioniq 5 memiliki segala keunggulan yang diinginkan masyarakat Indonesia, seperti desain yang timeless, teknologi terkini, hingga kenyamanan maksimal. Produk ini akan menjadi mobil listrik yang paling tepat dan dapat menjadi kebanggaan bangsa Indonesia,” imbuhnya. .

Pengenalan produk kendaraan listrik ini merupakan terobosan baru dan langkah bersejarah dalam industri otomotif tanah air karena merupakan mobil listrik murni.Kendaraan Listrik Baterai/BEV) pertama kali diproduksi massal di Indonesia tepatnya di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat.

Mobil listrik ini, hadir dengan desain futuristik yang dilengkapi dengan bahan ramah lingkungan, dan merupakan mobil listrik pertama yang dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (E-GMP), sebuah platform dengan banyak keunggulan yang dirancang oleh Hyundai Motor Group khusus untuk model ini. . kendaraan BEV.

“IONIQ 5 ini menawarkan prinsip gaya hidup berkelanjutan dan pengalaman tanpa batas. Mobil listrik ini mengusung elemen yang mengangkat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia ke level yang lebih tinggi, salah satunya melalui kehadiran E-GMP yang memungkinkan pelanggan untuk dapatkan kenyamanan terbaik dan dukungan teknologi membuat petualangan mereka semakin berkualitas dan bermakna,” ujarnya.

Baca juga: GV80 Prestige Signature Diluncurkan dengan Banderol Lebih dari Rp 1 Miliar

Hyundai melengkapi kendaraan listrik ini dengan sistem pengereman regeneratifyaitu sistem yang akan mengisi aki mobil dengan memanfaatkan energi kinetik yang dihasilkan saat mobil mengalami perlambatan.

Menggunakan sistem pengereman regeneratif Hal ini memungkinkan kendaraan listrik ini berhenti dengan sempurna menggunakan dua fitur khusus, yaitu i-Pedal dan pemindah dayung.

Perlu diketahui, i-Pedal adalah fitur yang memberikan kontrol kecepatan kendaraan yang meliputi akselerasi, deselerasi, dan penghentian kendaraan hanya dengan memodulasi pedal akselerasi dan tanpa harus menggunakan pedal akselerasi. pemindah dayung secara manual.

Baca juga: Hyundai IONIQ 5 dinobatkan sebagai UK Car of the Year 2022

Di sisi lain, Paddle Shifter memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan tingkat pengereman regeneratif saat melambat dengan pilihan dari level 0 hingga level 3, di mana semakin tinggi angka pengereman regeneratif, semakin kuat pengurangan kecepatan.

Ioniq 5 diklaim oleh Hyundai Indonesia mampu menempuh jarak hingga 384 KM saat baterai mobil terisi penuh.

Tidak hanya itu, tipe Ioniq 5 Long Range juga memiliki kemampuan jarak tempuh yang lebih impresif, dimana tipe Prime Long Range dapat dipacu sejauh 481 KM dan tipe Signature Long Range dapat menempuh jarak 451 KM (berdasarkan WLTP). .

Untuk performa, Ioniq 5 mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 8,5 detik, sedangkan tipe Prime Long Range dan Signature Long Range mampu membuat mobil berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 7,4. kedua.

Baca juga: Hyundai, Saudi Aramco Kembangkan Mesin Kendaraan Ramah Lingkungan

Baca juga: Penjualan Mobil Ramah Lingkungan Hyundai Group di AS Capai 500.000 Unit

Baca juga: Deretan Mobil dan Motor Baru yang Diharapkan Meluncur di IIMS 2022

reporter:
Redaktur : Suryanto
Hak Cipta © Mechanicity 2022