Hyundai Creta vs All New Honda HR-V, siapa lebih unggul?

Jakarta (Mechanicity) – Akhir tahun 2021, PT Hyundai Motor Indonesia resmi meluncurkan Hyundai Creta yang pada awal kehadirannya mampu menarik pesanan sebanyak 1.700 unit.

Namun belum lama ini, Honda HR-V muncul di segmen tersebut sport utility vehicle (SUV) kompak lima penumpang yang ternyata dipesan 1.256 unit dalam satu hari setelah peluncuran.

Kehadiran Honda HR-V dinilai menjadi “ancaman”, tidak hanya bagi Kreta, tetapi juga bagi produk lain di segmen yang bersinggungan.

Baca juga: Pesona Jajaran Mobil Baru di IIMS Hybrid 2022, Ini Daftarnya

Baca juga: Hyundai Kenalkan Mobil Listrik Ioniq 5 Buatan Pabrik Cikarang

Dimensi, fitur, dan teknologi

 

All New Honda HR-V (Mechanicity/Chairul Rohman)

Mengisi pasar SUV 5-tempat dudukHyundai Creta hadir dengan dimensi panjang 4.315 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.630 mm serta memiliki jarak sumbu roda 2.610 mm dan mobil ini hadir dengan pembersihan tanah 200mm tinggi. Sebaliknya, All New HR-V hadir dengan dimensi panjang 4.330 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.590 mm dengan jarak sumbu roda 2.610 mm.

Selain dimensi yang dihadirkan, yang tak kalah penting adalah fitur dan teknologi yang diandalkan. Honda dengan Sensing-nya, dan Hyundai dengan fitur Bluelink.

Berbicara tentang Hyundai Bluelink, Hyundai Creta adalah salah satu kendaraan yang telah menerima teknologi Bluelink yang merupakan inovasi Layanan Mobil Terhubung. Bluelink dapat digunakan oleh pemilik Hyundai Creta untuk mencapai lokasi parkir dengan menyalakan lampu dan klakson menggunakan fitur Kontrol Klakson & Lampu Jarak Jauh.

Lebih canggih lagi, fitur ini juga bisa mencegah pencurian. Ia bekerja dengan mengirimkan pemberitahuan melalui ponsel pintar jika orang yang tidak berwenang masuk Hyundai Kreta melalui fitur Pemberitahuan Kendaraan Dicuri.

Sedangkan untuk bagian luarnya, Hyundai Creta didekorasi dengan fitur multireflektor LED dengan tipe LED DRL tersembunyi tertanam oleh desain kisi-kisi permata parametrik. Hyudnai Creta juga dilengkapi antena sirip hiu, lampu stop pemasangan tinggi dengan spoiler belakang serta lampu belakang LED.

Sedangkan penantang Creta hadir dengan tampilan eksterior yang lebih segar dari model sebelumnya, yakni lampu depan LED dan DRL (Daytime Running Light) serta lampu LED tiga dimensi di bagian belakang. Ada LED pada lampu tanda dan lampu kabut. Pada varian SE, Honda telah menyediakan fitur-fitur berikut: spion pintu lipat otomatis, kamera parkir belakang, antena sirip hiu, dan Smart Entry System.

Setelah puas mencermati bagian luar kedua kendaraan ini, kami terus memasuki ruang kabin kendaraan yang dibanderol dengan harga Rp. 399,9 juta untuk varian All New Honda HR-V SE, sedangkan Hyundai Creta Prime dibanderol Rp. 399 juta.

Di bagian dalam, Hyundai Creta menghadirkan instrument cluster berukuran 10,25 inci yang dilengkapi dengan TFT LCD untuk memberikan semua informasi. Mobil ini dilengkapi dengan kepala Unit yang berukuran 8 inci. Hyundai juga telah menghadirkan Sistem suara Bose dan 8 unit speaker di kabin. Kepala Unit dapat terhubung dengan smartphone yang nantinya akan terhubung ke fitur perintah suara, dan Bluelink sebagai fitur keamanan.

Varian Hyundai Creta Prime dibalut dengan jok kulitCooling glove box, tilt telescopic, air purifier, wireless charger, ambient lamp di kabin, push start button, audio steering switch serta cruise control sebagai fitur standar.

Sedangkan All New Honda HR-V memiliki beragam fitur seperti layar TFT Meter Cluster 4,2 inci, layar head unit 7 inci dengan kemampuan kapasitif untuk memutar berbagai format hiburan, koneksi smartphone, perintah suara dan masih banyak lagi.

Mobil ini hadir dengan tiga mode berkendara yang bisa disesuaikan oleh pengguna, lalu ada juga audio saklar kemudisetir berbalut kulit, serta hadirnya atap kaca panorama, eco assist dan juga kendali pelayaran.

 

Hyundai Creta (Mechanicity/Chairul Rohman)

Sistem keamanan

Beralih ke safety room, kedua SUV tersebut diklaim telah menghadirkan segudang fitur keselamatan untuk memberikan kesan aman dan nyaman selama konsumen menggunakannya. Hyundai Creta hadirkan fitur keselamatan sistem pengereman anti-lock, kontrol stabilitas elektronik, kontrol asisten rem, manajemen stabilitas kendaraan, kontrol hill start assist.

Selain itu hadir juga sinyal berhenti darurat dan kunci pintu otomatis penginderaan kecepatan. Ada juga impact sensing auto door unlock, child protector rear door lock, kamera belakang, sistem pemantauan tekanan ban, airbag enam buah di bagian depan dan samping. Masih memiliki fitur immobilizer, peringatan penumpang belakang dan alat tanda bahaya.

Fitur terbaru dari Hyundai yakni Hyundai SmartSense juga hadir di kendaraan ini. Mobil ini juga memiliki fitur bantuan sinar tinggi, bantuan penghindaran tabrakan ke depan, bantuan batas kecepatan manual, bantuan penjaga lajur, bantuan mengikuti lajur.

Varian Creta Prime dilengkapi dengan peringatan perhatian pengemudi, monitor pandangan belakang pengemudi, bantuan penghindaran tabrakan titik buta, peringatan keluar aman dan bantuan penghindaran tabrakan lalu lintas lintas belakang.

Sedangkan All New Honda HR-V hadir dengan teknologi keselamatan Honda Sensing pada semua varian, termasuk Collision Mitigation Braking SystemTM (CMBSTM), Lane Keeping Assist System (LKAS). Ada juga Sistem Mitigasi Keberangkatan Jalan (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Ikuti Kecepatan Rendah, Balok Tinggi Otomatis, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Honda menyertakan fitur keselamatan LaneWatchTM, empat Airbag, struktur rangka G-CON + ACETM dengan Side Impact Beam, teknologi pengereman ABS + EBD + BA, Hill Start Assist, Hill Descent Control, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, Emergency Stop Signal, serta pengingat sabuk pengaman untuk setiap baris kursi.

Mesin

Untuk dapur pacu, Creta hadir dengan mesin Smartstream G1.5 MPi 4 silinder segaris 1.497 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 113 hp pada 6.300 rpm dengan torsi mencapai 143,8 Nm pada 4.500 rpm.

Ada empat mode berkendara, yakni Eco, Comfort, Smart dan Sport. Teknologi IVT juga memungkinkan Hyundai CRETA mencapai tenaga maksimal hingga 115 ps/6.300 rpm dengan torsi maksimal hingga 143,8 Nm/4.500 rpm.

All New Honda HR-V mengusung mesin 1.498 cc DOHC 4 silinder segaris i-VTEC + DBW mesin (drive-by-wire). Menurut catatan, mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 118 hp pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

Harga

Hyundai CRETA Active MT 6-speed dibandrol Rp 279 Juta
Hyundai CRETA Trend MT 6-speed Rp299 juta
Hyundai CRETA Trend IVT Rp319 juta
Hyundai CRETA Style IVT Rp359 juta
Hyundai CRETA Prime IVT Rp397,5 juta
Hyundai CRETA Prime IVT Two Tone Roof Rp399 juta.

All New Honda HR-V hadir dalam empat varian
All New Honda HR-V 1.5LS CVT Rp355,9 juta
All New Honda HR-V 1.5LE CVT Rp 379,9 juta
All New Honda HR-V 1.5L SE CVT Rp399,9 juta
All New Honda HR-V 1.5L Turbo RS Rp499,9 juta.

Baca Juga: Honda Hadirkan Film “Along the Way” Untuk Memberikan Apresiasi Kepada Pengguna Setianya

Baca Juga: Honda Pamerkan “Lineup” Lengkap Termasuk All New Honda HR-V di IIMS

Baca juga: Creta Jadi Unggulan Hyundai Awal Tahun Ini

reporter:
Redaktur: Alviansyah Pasaribu
Hak Cipta © Mechanicity 2022