Honda dan GM akan kembangkan kendaraan listrik terjangkau

Jakarta (Mechanicity) – Honda Motor dan General Motors menyatakan akan memperluas kerja sama untuk pengembangan berbagai kendaraan listrik dengan harga terjangkau, dan penjualannya akan dimulai di Amerika Utara pada 2027.

Dikutip dari Kyodo, Rabu, kendaraan listrik baru tersebut akan ditenagai oleh baterai lithium-ion generasi mendatang, dengan harga jual diperkirakan di bawah US$30.000 (Rp430 juta) per kendaraan. Beberapa model, termasuk penyeberangan kompak, dalam pertimbangan.

Baca juga: Banyak Pabrikan Mobil Tangguhkan Bisnis di Rusia

Honda dan GM berencana memproduksi beberapa juta kendaraan di pabrik mereka. Keduanya juga berencana untuk membahas kerja sama dalam teknologi baterai kendaraan listrik masa depan, kata kedua perusahaan dalam siaran pers.

“Honda dan GM akan membangun kolaborasi teknologi kami yang sukses untuk membantu mencapai ekspansi dramatis dalam penjualan kendaraan listrik,” kata Chief Executive Honda Toshihiro Mibe.

Ini adalah proyek bersama terbaru Mechanicity pembuat mobil Jepang dan AS. Kedua produsen mobil tersebut mengatakan pada tahun 2020 bahwa mereka akan bersama-sama mengembangkan dua model kendaraan listrik untuk diluncurkan di pasar Amerika Utara pada tahun 2024.

Mereka juga telah berkolaborasi dalam beberapa operasi kendaraan sel bahan bakar.

Kedua produsen mobil tersebut akan berbagi teknologi, desain, dan strategi manufaktur terbaik untuk menghadirkan kendaraan listrik yang terjangkau dan diinginkan dalam skala global, termasuk pasar utama di Amerika Utara, Amerika Selatan, dan China, kata Ketua dan CEO GM Mary Barra.

Pembuat mobil global seperti Toyota Motor dan Volkswagen juga berencana untuk meningkatkan penawaran kendaraan listrik mereka di belakang gerakan global menuju netralitas karbon selama beberapa dekade mendatang.

Honda meningkatkan kemitraan dalam bisnis kendaraan listrik. Pada bulan Maret, pembuat mobil mengatakan setuju untuk memproduksi bersama kendaraan listrik dengan Sony Group Corp.

Pembuat mobil Jepang telah menetapkan tujuan memiliki kendaraan listrik atau kendaraan listrik sel bahan bakar untuk semua kendaraan barunya yang dijual di seluruh dunia pada tahun 2040.

Baca juga: Pabrik GM dan VW di Shanghai Tak Terkena “lockdown” COVID-19

Baca juga: GM Siap Luncurkan Merek Premium Baru di China

Baca Juga: Lampu Terlalu Terang, AS Tuntut GM “Recall” 725.000 SUV

reporter:
Redaktur: Ida Nurcahyani
Hak Cipta © Mechanicity 2022