Ford kembangkan lampu lalu lintas pintar bantu kendaraan darurat

Jakarta (Mechanicity) – Pabrikan otomotif Amerika Serikat Ford Motor mengembangkan lampu lalu lintas pintar dengan tujuan membantu memudahkan perjalanan kendaraan darurat seperti mobil pemadam kebakaran atau ambulans.

“Apakah itu mobil pemadam kebakaran yang akan memadamkan api atau ambulans yang sedang menuju kecelakaan,” kata Martin Sommer, research engineer dari Ford Eropa, dikutip dari CarsCoops, Kamis.

Teknologi di balik ini dikenal sebagai Kendaraan Seluler-ke-Semuanya (C-V2X) dan Ford memasangnya di sebuah jalan di Aachen, Jerman, dengan delapan lampu lalu lintas berturut-turut. Kemudian kirimkan Kuga yang dilengkapi dengan unit komunikasi di atas kapal yang berpura-pura menjadi ambulans untuk keperluan tes ini.

Baca juga: Ford dan mitra lokal hentikan operasi di Rusia

Ketika kendaraan uji mendekati lampu lalu lintas, mereka berubah menjadi hijau, membiarkan mereka lewat. Setelah melintasi persimpangan, mereka kembali ke operasi normal mereka.

Perbaikan seperti ini dapat menjadi masalah besar bagi responden pertama karena para ahli percaya bahwa tingkat kelangsungan hidup korban kecelakaan di jalan dapat mencapai 40 persen lebih tinggi jika mereka menerima perawatan empat menit lebih awal.

Teknologi C-V2X melakukan lebih dari sekadar keadaan darurat. Ini memiliki banyak aplikasi, tetapi Ford telah bekerja untuk memasukkan informasi lampu lalu lintas ke dalam kendali pelayaran adaptifnya.

Dengan itu, dia bisa memperlambat mobil dalam perjalanannya ke lampu merah sebelum persimpangan benar-benar terlihat. Itu memungkinkannya untuk menghadapi lebih sedikit lampu merah, yang lebih baik untuk kemacetan lalu lintas dan membuat pengendaraan lebih mulus.

Direktur Layanan Konsumen dan Inovasi Vodafone Jerman Michael Reinartz mengatakan bahwa pertukaran data Mechanicity mobil, kendaraan darurat, dan lampu lalu lintas waktu sebenarnya Menggunakan teknologi seluler terbaru membuat lalu lintas jalan lebih aman dan efisien.

“Kontrol lampu lalu lintas pintar membantu menyelamatkan nyawa ketika setiap detik berharga dan juga mengurangi waktu tunggu yang tidak perlu dan mengurangi emisi CO2.”

Baca Juga: Ford dan Stellantis “Recall” Ratusan Ribu Mobil Gara-gara Masalah Wiper

Baca juga: Ford Explorer dijual tanpa “chip” AC karena krisis semikonduktor

Baca juga: SK On Dorong Pabrik Kendaraan Listrik Bersama Ford dan Koc di Turki

reporter:
Redaktur : Suryanto
Hak Cipta © Mechanicity 2022