Ekspor mobil Korsel turun 7,7 persen pada Maret di tengah krisis chip

Jakarta (Mechanicity) – Ekspor mobil Korea Selatan (Selatan) turun 7,7 persen pada Maret, terutama karena berlanjutnya kelangkaan chip otomotif dan gangguan pasokan suku cadang mobil di China di tengah pandemi COVID-19.

Pengiriman mobil dari Korea Selatan bulan lalu mencapai 179.630 unit, dibandingkan dengan 194.562 unit pada tahun sebelumnya, menurut data Kementerian Perdagangan, Industri dan Energi negara itu, dikutip dari Yonhap, Jumat.

Dalam hal nilai, ekspor mobil turun 9,7 persen YoY menjadi $3,97 miliar bulan lalu.

Ini adalah pertama kalinya sejak Oktober tahun lalu ekspor mobil mengalami penurunan secara tahunan.

Hal ini disebabkan oleh penurunan total produksi kendaraan akibat ketatnya pasokan global keping suku cadang otomotif dan penundaan distribusi suku cadang mobil lainnya di China di tengah situasi virus yang memburuk, menurut kementerian.

Produksi mobil domestik turun 9,5 persen pada tahun ini menjadi 302.161 unit bulan lalu.

Penghentian pengiriman kendaraan ke Rusia akibat krisis Ukraina juga mempengaruhi ekspor. Sekitar 4,5 persen dari total ekspor mobil Korea Selatan akan dikirim ke Rusia pada 2021.

Meskipun penurunan secara keseluruhan, pengiriman luar negeri kendaraan ramah lingkungan melonjak 45,5 persen menjadi 41.320 unit pada bulan Maret. Dalam hal nilai, penjualan mobil hijau melonjak 43,1 persen menjadi $ 1,17 miliar.

Ekspor suku cadang mobil juga naik tipis 0,03 persen tahun ini menjadi $2,18 miliar bulan lalu meskipun ada kekurangan keping otomotif.

Di dalam negeri, penjualan kendaraan turun 19,1 persen dari tahun sebelumnya menjadi 138.647 unit di bulan Maret.

Penjualan mobil buatan lokal turun 21 persen YoY menjadi 111.065 unit, dan mobil impor turun 10,5 persen menjadi 27.582 unit, menandai penurunan tujuh bulan berturut-turut dalam setahun, menurut data.

Mobil ramah lingkungan, bagaimanapun, sedang menikmati popularitas.

Sebanyak 38.784 mobil ramah lingkungan dijual di pasar domestik bulan lalu, naik 28,6 persen pada tahun ini untuk mencapai level tertinggi bulanan, data menunjukkan.

Baca juga: Korea Selatan: Mobil, Ponsel Tidak Dikenakan Pembatasan Ekspor AS ke Rusia

Baca juga: Popularitas Merek Dorong Ekspor Mobil Korea Selatan

Baca juga: Ekspor mobil ramah lingkungan tumbuh 40 persen di Korea Selatan

reporter:
Redaktur: Ida Nurcahyani
Hak Cipta © Mechanicity 2022