Cara mudah jaga kondisi mobil di bulan Ramadhan

Jakarta (Mechanicity) – Menjalankan aktivitas rutin di bulan Ramadhan dengan mengendarai mobil menjadi pilihan banyak orang. Selain lebih nyaman karena adanya AC, mobil juga dinilai lebih efektif untuk menuju suatu tempat.

Oleh karena itu, menjaga kondisi mobil adalah suatu keharusan. Mengutip Auto2000, berikut tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi tetap prima selama bulan Ramadhan.

Baca juga: Dokter Mobil Hadirkan Layanan Perawatan Bodi Kendaraan

1. Jaga agar AC tetap sejuk dan sejuk

Pastikan sistem pendingin kabin mobil sejuk dan sejuk untuk memberikan rasa nyaman terutama saat harus menghadapi kemacetan lalu lintas. Lakukan perawatan berkala bila kinerja AC mobil dirasa kurang optimal.

2. Periksa mesin mobil

Kondisi mesin prima membuat hati tenang saat mengendarai mobil. Pastikan oli mesin tidak terlalu kecil dan selalu diganti sesuai jadwal yang ditentukan.

Periksa juga suara mesin saat start di pagi hari, terutama jika ada suara yang tidak biasa atau lampu indikator pada panel instrumen menyala.

Baca juga: Lima Langkah Menjaga Kondisi Mobil Selama Masa PPKM

3. Perhatikan kondisi ban

Jangan pernah bosan memeriksa kondisi ban mengingat tugas yang berat. Ban yang tidak dalam kondisi prima, seperti tapak yang aus atau tekanan udara yang rendah, bisa menyulitkan di jalan. Bahkan jika dipaksakan bisa memicu kecelakaan.

4. Menjaga mobil dalam kondisi yang baik

Kebugaran mobil juga harus dijaga. Agar mobil tidak dehidrasi, periksalah cairan penunjang seperti air radiator, air wiper, minyak rem, dan cairan penunjang lainnya. Jika kotor, segera ganti dengan cairan baru untuk menjaga kualitasnya.

5. Ganti komponen yang rusak

Jangan biarkan komponen mobil yang rusak tidak diganti. Selain itu akan sulit jika kijang umumnya masalah akan menyebar ke bagian lain yang masih sehat.

Sebagai peredam kejut rusak bisa membuat komponen kaki-kaki lainnya juga ikut rusak karena harus mendukung kinerjanya. Jangan sampai biaya perbaikan justru melonjak karena menunda penggantian suku cadang yang sudah tidak layak pakai lagi.

Baca juga: Enam Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

6. Servis berkala di bengkel

Pemilik mobil dapat melakukan perawatan secara berkala di bengkel atau memanggil petugas dengan layanan “layanan rumah“. Teknisi akan memeriksa semua komponen mobil dan memastikannya layak digunakan untuk memberikan rasa tenang kepada pengguna.

Baca juga: Perawatan AC Cukup Rajin, Tinggal Ganti Filternya

Baca juga: Rawat Interior Mobil Berbahan Kulit Dengan Formula Gel 3in1

Baca Juga: BBM Naik, Perawatan Ruang Bakar Kendaraan Sekarang Lagi Trend

reporter:
Redaktur : Suryanto
Hak Cipta © Mechanicity 2022