BBM naik, perawatan ruang bakar kendaraan kini jadi tren

Jakarta (Mechanicity) – Setelah pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Non Subsidi menjadi Rp12.500 per liter pada 1 April, kini perawatan ruang bakar menjadi tren di kalangan pemilik kendaraan bermotor.

Hal ini terlihat dari tingginya animo pengunjung Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, terhadap produk yang dapat membantu kerja bahan bakar dengan sempurna.

“Yang paling trending dari penjualan kami adalah produk agar bensin atau BBM bisa bekerja dengan sempurna,” kata Promotion Officer PT Laris Chandra Mira Savira, distributor produk perawatan kendaraan kepada Mechanicity di JIExpo Kemayoran, Rabu.

Baca juga: Jangan Merokok di Dalam Mobil, Berbahaya

“Jadi, produk bahan tambah bahan bakar kami sangat populer dan banyak diminati masyarakat karena sesuai dengan tren saat ini. Sudah habis sejak awal IIMS, jadi setiap hari kami memperlengkapi“dia melanjutkan.

Saat melakukan perawatan pada ruang bakar agar bahan bakar dapat bekerja secara maksimal, kata Mira terlebih dahulu, pemilik kendaraan harus memastikan telah menggunakan bahan bakar yang berkualitas sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Kedua, menggunakan campuran bahan bakar yang berfungsi membersihkan injektor dan klep untuk meminimalisir munculnya kerak karbon di ruang bakar.

“Nah, kalau ruang bakarnya bersih, rasanya seperti mobil baru, padahal sebenarnya mobil lama. Kita tidak bisa mengklaim ini irit (bahan bakar), tapi kalau mobil baru pasti akan irit. irit bahan bakar,” tambah Mira.

Untuk mobil baru, menurut Mira, penggunaan campuran bahan bakar sebenarnya diperbolehkan, meski belum perlu.

“Kalau mobil baru, yang masih satu atau dua bulan atau di bawah setahun, tidak terlalu perlu. Karena memiliki efek pembersihan, jadi jika tidak kotor, boleh saja digunakan, tetapi akan bekerja lebih efektif jika ruang bakarnya sudah tua,” ujarnya.

Baca juga: Lima Langkah Menjaga Kondisi Mobil Selama Masa PPKM

Baca juga: Enam Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

Baca juga: Jangan anggap enteng, komponen karet mobil juga perlu dicek secara berkala

reporter:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Hak Cipta © Mechanicity 2022