Aurora dan Toyota memulai uji coba Sienna Otonom di Texas

Jakarta (Mechanicity) – Perusahaan mengemudi sendiri Aurora Innovation dilaporkan telah mulai menguji kendaraan robotaxis mereka yang memiliki basis dari Toyota Sienna di Texas, Amerika Serikat.

Dikutip dari CarsCoops, Jumat, Robotaxis Sienna memamerkan rangkaian perangkat keras dari Aurora Driver yang saat ini sedang dikendarai di jalan raya dan jalanan pinggiran kota di Texas.

Sistem akan menangani hal-hal seperti pembalikan, kopling kecepatan tinggi, dan perubahan jalur dan juga dapat bereaksi terhadap pekerjaan konstruksi jalan, lalu lintas berhenti-dan-pergi.

Baca juga: GM Investasikan Rp 4,2 Triliun untuk Teknologi Mobil Otonom China

Selain itu, cuaca buruk, dan dapat mendeteksi pejalan kaki, pengendara sepeda motor, dan lampu lalu lintas. Kendaraan akan memiliki dua operator keselamatan selama periode pengujian.

Untuk merayakan peluncuran sistem tersebut, Aurora telah menjemput sejumlah eksekutif Toyota dari kantor pusat pembuat mobil sebelum kendaraan tersebut dapat mengemudi sendiri beberapa rute ke Bandara Internasional Dallas Fort Worth.

“Tim teknik Toyota benar-benar kelas dunia. Mengalami hasil bersama minggu ini adalah istimewa dan bukti kemajuan dan rasa hormat kami satu sama lain,” kata kepala produk dan salah satu pendiri Aurora, Sterling Anderson.

“Kami telah merancang dan mengirimkan armada uji yang dibuat khusus untuk pengalaman berkendara yang nyaman, nyaman dan aman, dan kami berharap dapat berbagi lebih banyak tentang kemajuan kami segera.”

Aurora dipimpin oleh Chris Urmson, mantan kepala proyek mobil mengemudi sendiri Google dan bersiap untuk meluncurkan layanan robotaksi beroperasi melalui jaringan naik kendaraan.

Presiden dan CEO Toyota Motor Amerika Utara, Ted Ogawa mengatakan bahwa kami mengucapkan selamat kepada Aurora atas pencapaian mereka dalam mengintegrasikan teknologi Aurora Driver ke dalam kendaraan platform Toyota Autono-MaaS kami.

“Rute tersebut mewakili apa yang kami harapkan untuk pergi ke bandara di masa depan, dan kami berharap dapat melihat rencana penyebaran Aurora di masa depan.”

Baca juga: Hyundai-Kia Bakal Pakai Teknologi Radar dan Kamera Aurora Driver

Baca juga: Udelv Pamerkan Kendaraan Listriknya di CES

Baca juga: Tesla Tarik FSD Versi Baru Karena Masalah Software

reporter:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Hak Cipta © Mechanicity 2022