Audi dan Porsche akan gabung F1

Jakarta (Mechanicity) – Kepala Eksekutif Volkswagen Herbert Diess mengatakan bahwa merek premium mereka, Audi dan Porsche, akan bergabung dengan Formula 1, sebagaimana dikutip dari Reuters pada Selasa.

Diess mengatakan, dewan direksi telah berdiskusi dan membentuk beberapa divisi untuk persiapan kedua merek tersebut di ajang balap mobil kelas tertinggi itu.

Menurut laporan CarsCoops, keputusan bergabungnya Audi dan Porsche di Formula 1 diambil arena olahraga tersebut semakin populer di seluruh dunia.

Selain itu, adanya aturan baru di Formula 1 yang akan berlaku pada tahun 2026, yang mengharuskan seluruh mobil balap Formula 1 menggunakan bahan bakar ramah lingkungan. Aturan tersebut, membuat Audi dan Porsche dapat kompetitif di ajang tersebut.

Adapun rencana VW Group untuk keterlibatannya dengan Formula 1 adalah Porsche bermaksud untuk membangun kemitraan jangka panjang dengan tim balap Red Bull. Porsche juga telah berinvestasi dalam teknologi ramah lingkungan sebagai alternatif masa depan untuk mobil sport mereka setelah elektrifikasi.

Melihat iklan Formula 1 yang tampak meyakinkan, Diess mengatakan Porsche akan mengurangi kegiatan balap lainnya dan lebih berkonsentrasi di ajang tersebut.

Sementara itu, Audi siap menawarkan 500 juta euro atau sekitar 7,6 triliun untuk membeli McLaren. Akuisisi tersebut kemungkinan akan memudahkan Audi untuk memasuki Formula 1.

Baca juga: BMW dan Audi tangguhkan pengiriman via kereta api ke China

Baca juga: Huracan dan Audi R8 di-“recall” akibat takaran cairan tidak sesuai

Baca juga: Volkswagen tarik lebih dari 100.000 mobil yang berisiko kebakaran

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © Mechanicity 2022